Peneliti Sedang Ciptakan Implan untuk Nyeri Saraf

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Triansari Prahara

Peneliti Sedang Ciptakan Implan untuk Nyeri Saraf

Ilustrasi (Fox News)

Selasa, 12 Mei 2015 | 11:16

Analisadaily - Di masa depan, sakit punggung tidak akan diobati dengan meminum pil lagi. Para peneliti dari Swedia tengah menciptakan obat berupa implan yang mengobati nyeri saraf langsung ke pusatnya. Implan merupakan sebuah tabung kecil yang terbuat dari polimer dengan reservoir untuk tabung obatnya.

Tabung polimer merupakan senyawa yang disebut GABA. Merupakan neurotransmitter yang menekan fungsi saraf. Tabung ini dirancang untuk memiliki empat bukaan, sehingga bisa melepaskan GABA di empat persimpangan di mana saraf sciatic terhubung ke tulang belakang.

Setiap kali implant diaktifkan, perangkat dapat melepaskan obat langsung ke saraf di dekatnya. Implan yang dirancang tidak memiliki efek seperti pil. Implan tidak akan membuat seseorang mengantuk, candu atau masalah lainnya.

“Tujuan dari pembuatan implan untuk menciptakan solusi permanen untuk nyeri saraf. Visi adalah prostesis saraf yang nyata,” kata Daniel Simon, asisten profesor di Laboratorium Linköping University of Organic Electronics, .

"Kami ingin menyebarkan GABA tepat pada titik di mana saraf memasuki sumsum tulang belakang. Banyak orang merasakan sakit karena saraf mereka tidak mendapatkan cukup GABA. GABA menjadi salah satu senyawa yang digunakan tubuh untuk mengatur respon saraf,” kata Simon.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar