Peneliti Buat Robot yang Bisa Melintasi Pembuluh Darah

Penulis: Christison Sondang Pane

Peneliti Buat Robot yang Bisa Melintasi Pembuluh Darah

Robot berbentuk kawat melintasi pembuluh darah (YouTube/Uberizmo)
 

Sabtu, 31 Agustus 2019 | 10:47

Analisadaily - Para peneliti telah berhasil membuat robot seperti benang yang terlihat sangat tipis untuk dapat melintasi pembuluh darah pasien. Robot ini bisa dipakai membantu mengantarkan obat untuk mengobati stroke atau aneurisma otak.

Ini juga dapat dikendalikan dari jarak jauh yang berarti, ahli bedah bahkan mungkin tidak perlu berada di ruangan yang sama atau rumah sakit yang sama untuk mengoperasikannya.

Dilansir dari Ubergizmo, Sabtu (31/8), cara ini membuka semua jenis kemungkinan, seperti bisa mengoperasi pasien di lebih banyak daerah pedesaan, misalnya.

Robot ini dibuat menggunakan paduan nikel-titanium, memberikannya kemampuan untuk menjadi lentur dan kenyal, sehingga memungkinkannya untuk menavigasi jaringan pembuluh darah.

Bahan juga dilapisi dalam pasta karet dengan partikel magnetik dan kemudian dilapisi hidrogel, membuatnya halus dan bebas gesekan.

Selain bermanfaat bagi pasien, robot ini juga bermanfaat bagi ahli bedah. Karena, fluoroscope dan sinar-X untuk menggambarkan pembuluh darah pasien.

Kawat perlu dimasukkan dengan hati-hati dan secara manual ke pasien berarti itu adalah proses pajak dan dengan ahli bedah yang berulang kali terkena radiasi dari fluoroscope. Namun, dengan robot ini, ia memecahkan beberapa masalah tersebut.

Saat ini robot belum siap untuk penggunaan klinis, jadi kami mungkin tidak akan melihatnya digunakan dalam operasi dalam waktu dekat.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar