Paus Sarankan Perempuan Gunakan Alat Kontrasepsi

Penulis: Kiki Safitri | Editor: Eka Azwin Lubis

Paus Sarankan Perempuan Gunakan Alat Kontrasepsi

Paus Francis (FoxNews)

Jumat, 19 Februari 2016 | 16:14

Analisadaily - Paus Fransiskus menyarankan kepada seluruh perempuan khususnya di Brazil, agar menggunakan alat kontrasepsi untuk mengontrol kehamilan demi menghindari serangan virus zika.

Menurut Paus, tindakan itu bukanlah suatu kejahatan, melainkan upaya untuk mencegah epidemi global. Paus dengan tegas menolak tindakan aborsi sebagai respon terhadap penyebaran virus yang mulai meresahkan. 

Sebelumnya, Paus Paulus VI pada tahun 1960, setuju memberikan biarawati di Belgia sebuah kontrasepsi buatan Kongo untuk mencegah kehamilan akibat mengalami pemerkosaan.

"Aborsi adalah suatu tindakan jahat, tetapi itu bukan kejahatan secara religius, dan menilik kembali pada akarnya. Ini adalah kejahatan manusia," kata Paus Fransiskus seperti dilansir dari FoxNews, Jumat (19/2).

"Di sisi lain, menghindari kehamilan bukanlah suatu kejahatan mutlak. Dalam kasus seperti saat ini, hal itu bisa dilakukan."

Paus Fransiskus mengungkapkan pernyataan itu sebagai jawaban atas pertanyaan, apakah aborsi atau kontrol kelahiran dianggap sebagai 'tindak kejahatan' dalam kondisi krisis Zika seperti yang terjadi di Brazil saat ini.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar