Parasetamol Tidak Ampuh untuk Nyeri Pinggang?

Penulis: Sagita Purnomo | Editor: Eka Azwin Lubis

Parasetamol Tidak Ampuh untuk Nyeri Pinggang?

llustrasi (Daily Express)

Rabu, 1 April 2015 | 10:00

Analisadaily - Selama ini banyak ahli medis yang merekomendasikan pasien untuk mengkonsumsi parasetamol jika hendak mengobati nyeri pinggang. Namun, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh George Institute for Global Health at the University of Sydney in Australia, ditemukan fakta bahwa parasetamol ternyata tidak memiliki khasiat khusus untuk mengobati nyeri.

Temuan yang telah dipublikasi dalam British Medical Journal ini tentu menjadi peringatan keras bagi jutaan orang yang selama ini mengkonsumsi parasetamol sebagai obat pereda nyeri.

“Secara klinis, parasetamol hanya memiliki khasiat yang sangat kecil sebagai obat nyeri pinggang terutama untuk orang-orang dengan osteoarthritis,” jelas salah satu peneliti dikutip dari Daily Express.

Hasil penelitian ini juga menjadi sanggahan bagi National Institute for Health and Care Excellence yang masih meyakini parasetamol sebagai obat pereda nyeri karena sudah memiliki banyak bukti.

Sejauh ini, The Medicines and Healthcare products Regulatory Agency masih akan terus melakukan penelitian lebih lanjut guna mendapatkan hasil klinis.

Tags :

#Parasetamol

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar