Paparan Sinar Matahari Mampu Hindari Rabun Jauh

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Reza Perdana

Paparan Sinar Matahari Mampu Hindari Rabun Jauh

Ilustrasi (Pinterest.com)

Rabu, 7 Desember 2016 | 17:17

Analisadaily - Remaja dan orang dewasa muda yang menghabiskan lebih banyak waktu di luar, berpeluang minim menderita rabun jauh di kemudian hari daripada mereka yang menghabiskan sedikit waktu di luar, menurut sebuah studi baru.

Dalam studi tersebut, para peneliti melakukan percobaan kepada 371 orang dengan penderita rabun jauh dan 2.797 orang tanpa rabun jauh yang tinggal di berbagai lokasi di Eropa, seperti Norwegia, Estonia, Prancis, Italia, Yunani, Spanyol dan Inggris. Orang-orang dijadikan sampel berusia rata-rata 65 tahun.

Para peneliti memeriksa sekaligus melatih penglihatan peserta, dan mengumpulkan sampel darah untuk memeriksa kadar vitamin D dalam darah mereka. Hal itu dilakukan karena penelitian sebelumnya telah mengaitkan konsentrasi yang lebih tinggi vitamin D dengan risiko yang lebih rendah dari rabun jauh.

Para peneliti juga mewawancarai para peserta untuk mengetahui berapa lama waktu yang mereka habiskan di luar ruangan (sekira pukul 9 pagi – 5 sore) sejak mereka berusia 14 tahun sampai dengan usia mereka saat ini.

Berdasarkan hasil penelitian, mereka yang rutin mendapat paparan sinar matahari pada usia 14 hingga usia di bawah 39 tahun sedikit menderita rabun jauh pada usia 65 dibandingkan mereka yang jarang. Hal itu karena peran dari radiasi ultraviolet B (UVB) sehingga mereka tidak menderita rabun jauh saat usia uzur.

"Peningkatan paparan UVB dikaitkan dengan penurunan miopia, terutama di masa remaja dan dewasa muda," tulis para peneliti melalui studi yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Ophthalmology, seperti dilansir dari Fox News, Rabu (7/12).

Miopia adalah istilah yang digunakan dokter mata untuk rabun jauh, dimana mereka yang bisa lebih jelas melihat suatu benda jika mereka lebih dekat dengan benda tersebut.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar