Pahami Sekarang! Gejala Serangan Jantung Berbeda pada Pria dan Wanita

Penulis: Reza Perdana

Pahami Sekarang! Gejala Serangan Jantung Berbeda pada Pria dan Wanita

Ilustrasi (Boldsky)

Selasa, 26 Desember 2017 | 17:45

Analisadaily - Baik laki-laki, perempuan atau anak-anak, semuanya tentu takut akan penyakit dan kematian. Bahkan saat masih anak-anak, kita selalu takut akan kemungkinan terkena penyakit berbahaya.

Seiring bertambahnya usia, setelah mendidik diri kita sendiri tentang penyakit dan bagaimana tubuh bekerja, kita akan mendapatkan gagasan yang lebih baik tentang penyakit dan kematian.

Seperti kita ketahui, kebanyakan penyakit disertai gejala. Pada kenyataannya, setiap penyakit dapat digambarkan sebagai sekelompok gejala yang menyebabkan ketidaknyamanan pada orang yang terkena dampaknya.

Misalnya, jika Anda mendapatkan sakit perut yang konstan dan Anda dapat mengenalinya sebagai gejala gangguan pencernaan, Anda mungkin akan pergi ke dokter tepat pada waktunya dan dirawat sebelum berubah menjadi sesuatu yang lebih buruk!

Belajar lebih banyak tentang gejala berbagai penyakit dan bisa mengenali mereka sangat penting! Sekarang, kita mungkin sudah tahu bahwa tubuh manusia memiliki 5 organ vital yaitu, jantung, paru-paru, ginjal, hati dan otak.

Dilansir dari Boldsky, Selasa (26/12) bahkan jika organ vitalnya terkena atau rusak sekecil apa pun, hal itu bisa berujung pada konsekuensi serius, termasuk kematian.

Perbedaan gejala serangan jantung pada pria & wanita

Serangan jantung juga merupakan salah satu kondisi serius, dimana darah beroksigen tidak sampai ke jantung, karena bekuan darah ada di arteri, sehingga membuat jantung berhenti.

Serangan jantung dalam banyak kasus menyebabkan kematian. Ini adalah salah satu kondisi paling umum yang terlihat pada orang dewasa ini.

Ada beberapa gejala umum serangan jantung yang sama pada pria dan wanita. Namun penelitian terbaru menunjukkan, ada beberapa gejala yang bisa spesifik untuk pria dan wanita.

Seperti kita ketahui, pria dan wanita memiliki sejumlah perbedaan fisiologis dan psikologis. Perbedaan dalam susunan struktur ini dapat membawa perbedaan dalam bagaimana penyakit tertentu mempengaruhi kita.

Bahkan ketika sampai pada gejala penyakit tertentu, mereka bisa berbeda pada pria dan wanita. Misalnya, pada penyakit menular seksual tertentu (PMS) seperti klamidia, wanita mungkin mengalami kram perut bagian bawah, sementara gejala ini tidak ada pada pria untuk penyakit yang sama.

Meski dengan serangan jantung, mungkin ada sedikit perbedaan gejala pada pria dan wanita. Penting untuk mengetahui perbedaan ini, karena akan lebih mudah bagi Anda untuk mengenali mereka sebelumnya dan segera mencari bantuan.

Sebagian besar dari kita mungkin tidak menyadari perbedaan kecil dalam gejala serangan jantung antara pria dan wanita. Kita mungkin salah mengira gejala itu untuk sesuatu yang lain dan mungkin tidak mencari pertolongan.

Setelah bertahun-tahun melakukan penelitian dan mengumpulkan data tentang bagaimana pria dan wanita menggambarkan gejala serangan jantung, para periset dapat menarik daftar perbedaan antara jenis kelamin saat menghadapi serangan jantung.

Mereka mengatakan, perbedaan ini bisa terjadi karena perbedaan struktural dan hormonal mendasar terlihat pada pria dan wanita. Sekarang, lihatlah beberapa gejala umum serangan jantung dan juga perbedaan spesifik antara jenis kelamin, seperti yang disebutkan di bawah ini.

Merasa kenyang di tengah dada, pusing, nyeri di leher, nyeri pada kedua lengan, nyeri di rahang dan bahu, pucat pucat, mual, menggigil, berkeringat, kulit dingin, pingsan, dan lain-lain.

Daftar gejala spesifik untuk wanita

Ketat atau ketidaknyamanan di tenggorokan, sensasi menekan di area dada, muntah, nyeri di daerah punggung tengah dan atas, palpitasi, batuk, dan lain-lain.

Daftar gejala spesifik untuk pria

Ketidaknyamanan di sisi kanan dada, sakit kusam di dada, gangguan pencernaan (beberapa hari sebelum serangan jantung), sesak nafas, dan lain-lain.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar