Orang Tua Jauh Lebih Bahagia Dibanding Anak Muda

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Ria Situmorang

Orang Tua Jauh Lebih Bahagia Dibanding Anak Muda

Ilustrasi (Fox News)

Sabtu, 27 Agustus 2016 | 08:36

Analisadaily - Secara umum ada tiga faktor utama yang mempengaruhi kebahagiaan, kesehatan fisik, kesehatan kognitif dan kesehatan mental. Dari ketiga faktor ini, peneliti menemukan orang yang lebih tua lah yang lebih bahagia dibandingkan orang muda.

Orang tua mungkin tidak sehat secara fisik, tetapi mereka memiliki kesejahteraan psikologis lebih tinggi. Menurut sebuah survei baru di San Diego County, California, para peneliti mengevaluasi tiga faktor utama tersebut.

Para peneliti juga menemukan, orang di rentang usia 20-an dan 30-an memiliki skor terendah untuk kesejahteraan psikologis. Dilaporkan dari Fox News, Sabtu (27/8), penuaan terkait dengan kesehatan mental, kebahagiaan yang lebih besar, dan kepuasan akan hidup.

“Orang berumur di atas 40 tahun memiliki tingkat stres yang rendah dan risiko depresi yang tidak tinggi,” kata Dr. Dilip Jeste, peneliti utama dan direktur Stein Institute untuk penelitian seputar penuaan di University of California, San Diego.

Orang dewasa yang lebih tua dipercaya dapat mengatur emosi mereka. Penuaan dan pengalaman hidup tidak hanya membawa lebih banyak pengalaman, tetapi membuat orang tua lebih baik dalam memecahkan masalah.

Salah satu keterbatasan dari penelitian ini adalah objek dari penelitian hanya memperhatikan masyarakat di San Diego, sehingga tidak diketahui apakah temuan yang sama akan berdampak pada masyarakat di negara lain.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar