Operasi Pertama Epilespi Pada Anak Sukses

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Operasi Pertama Epilespi Pada Anak Sukses

Ilustrasi (Fox News)

Selasa, 31 Oktober 2017 | 11:00

Analisadaily - Operasi pertama penderita epilepsy pada anak menunjukkan hasil yang positif. Operasi dilakukan untuk mengatasi masalah kejang akibat epilepsi. Operasi dapat mengurangi 10 kali lipat risiko anak terkena kejang.

Operasi juga diklaim tidak mempengaruhi IQ. Setidaknya, 77 persen anak-anak terbebas dari kejang selama satu tahun setelah operasi. Tapi, operasi juga menghasilkan efek samping yang serius pada sepertiga anak-anak.

Misalnya kelemahan pada satu sisi tubuh yang dikenal sebagai hemiparesis. Diketahui dari Fox News, Selasa (31/10), kondisi ini pun akan dialami anak epilepsy jika dia menderita kejang terus menerus selama hidupnya.

"Operasi untuk anak-anak berdampak mengurangi kejang," kata peneliti senior, Dr. Manjari Tripathi, seorang profesor neurologi dan epilepsi di All India Institute of Medical Sciences, New Delhi.

“Opersi harus dilakukan sedini mungkin,” tambahnya.

Sekitar 50 juta orang di seluruh dunia menderita epilepsi. Obat-obatan tidak dapat mengendalikan kejang pada sekitar 30 persen kasus.

Tingkat keberhasilan berkisar antara 87 persen sampai 100 persen. Tergantung pada jenis operasi yang digunakan untuk memperbaiki kelainan otak anak tertentu.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar