Olahraga Bantu Wanita Hamil Penderita Obesitas Terhindar Komplikasi

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Olahraga Bantu Wanita Hamil Penderita Obesitas Terhindar Komplikasi

Ilustrasi (Fox News)

Rabu, 15 Februari 2017 | 09:20

Analisadaily - Olahraga merupakan cara yang paling efisien bagi wanita hamil penderita obesitas untuk menurunkan risiko diabetes, tekanan darah tinggi dan komplikasi lainnya.

"Penelitian ini menunjukkan intervensi berbasis latihan prenatal yang mengarah ke kedua penurunan dengan hasil yang lebih baik pada wanita penderita obesitas," kata peneliti di Oregon Health dan Science University, Amerika Serikat, Leah Savitsky.

Setiap satu juta wanita hamil terdapat 38.176 penderita tekanan darah tinggi yang sangat berbahaya atau dikenal sebagai preeclampsia

Olahraga juga bisa menurunkan penurunan diabetes gestasional dengan tingkat 195.520 per juta jiwa. Wanita hamil yang rutin berolahraga bisa mengurangi risiko kelahiran prematur hingga 20%.

"Penelitian ini tidak mempertimbangkan manfaat hilir tambahan pada kontrol berat badan di luar kehamilan serta potensi manfaat hilir pada hipertensi dan diabetes," ujar Savitsky, dilansir dari Fox News, Rabu (15/2).

Wanita hamil yang tidak obesitas tetap bisa mendapat manfaat dari olahraga. Setidaknya, wanita hamil yang tidak mengalami obesitas bisa menjaga tekanan darah ketika berolahraga.

"Penelitian menunjukkan, wanita yang tidak berolahraga, tiga kali lebih mungkin untuk mengembangkan tekanan darah tinggi, 1,5 kali lebih mungkin mengalami berat badan berlebihan dan 2,5 kali lebih mungkin melahirkan bayi dengan kelebihan berat badan," kata Michelle Mottola dari Universitas Western Sydney, Australia.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar