Obesitas Pada Anak dan Remaja Meningkat

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Obesitas Pada Anak dan Remaja Meningkat

Obesitas (BBC)

Jumat, 13 Oktober 2017 | 13:35

Analisadaily - Tingkat obesitas anak dan remaja telah meningkat sepuluh kali lipat dalam empat dekade terakhir di seluruh dunia. Artinya, 124 juta anak laki-laki dan perempuan di seluruh dunia menderita obesitas.

Anak-anak yang menderita obesitas cenderung menjadi orang dewasa yang obesitas juga, dimana membuat mereka berisiko empat kali lebih tinggi terkena penyakit jantung, stroke, dan berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara dan usus besar.

Federasi Obesitas Dunia memperingatkan tentang masalah ini akan semakin serius di tahun 2025 jika tidak dicegah dari sekarang.  Kenaikan jumlah terbesar anak obesitas dan remaja ada di Asia Timur. Tiongkok dan India menjadi dua negara yang mengalami peningkatan signifikan.

Polinesia dan Mikronesia menjadi negara berikutnya. Setidaknya, setengah dari populasi anak dan remaja sudah mengalami obesitas. Diketahui dari BBC, Jumat (13/10), secara global, pada 2016 ada tambahan 213 juta orang anak dnegan kelebihan berat badan.

Dr Alison Tedstone, kepala ahli gizi di Health England, mengatakan, program pengurangan gula pada makanan merupakan langkah awal untuk mencegah obesitas.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar