Obesitas Berpotensi Kembangkan Penyakit Ginjal

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Ria Situmorang

Obesitas Berpotensi Kembangkan Penyakit Ginjal

Ilustrasi (Mercola)

Sabtu, 4 Juni 2016 | 10:16

Analisadaily - Obesitas terkait dengan berbagai risiko penyakit. Potensi selanjutnya yang baru diketahui dari obesitas adalah pengembangan penyakit ginjal pada orang dewasa. Peneliti telah mengambil data 7.000 orang berusia 20 sampai 40 tahun.

Sepertiga dari mereka menderita obesitas abdominal, atau penumpukan lemak pada perut. Mereka juga melihat data tentang tes laboratorium untuk mendeteksi peningkatan kadar protein albumin dalam urin, yang menandakan bahwa ginjal tidak berfungsi dengan baik. Hasilnya menunjukkan risiko tinggi untuk mengembangkan penyakit ginjal kronis.

Tidak banyak orang memiliki peningkatan kadar albumin, tapi kurang dari 5 persen dari mereka memiliki faktor risiko ini. Masalah semakin rumit karena penderita tidak mengetahui masalah penyakit yang sedang mereka hadapi.

"Obesitas abdominal yang kita tahu dikaitkan dengan diabetes dan tekanan darah tinggi, juga terkait dengan tanda-tanda awal penyakit ginjal," kata peneliti senior Dr. Michael Melamed dari Albert Einstein College Kedokteran dan Montefiore Medical Center di New York.

Mereka yang didefinisikan menderita obesitas abdominal, diklaim memiliki lingkar pinggang 35 inci (88 cm) untuk wanita dan 40 (102 cm) pada pria. Dilaporkan Fox News, Sabtu (4/6), keterbatasan dari penelitian ini adalah kurangnya data tentang perbedaan diet dan genetik di seluruh ras yang mungkin berkontribusi terhadap risiko kerusakan ginjal.

“Meski begitu, temuan tersebut menambah semakin banyak bukti yang menunjukkan obesitas dapat mempengaruhi risiko untuk penyakit metabolik,” kata Dr Laura Rosella, seorang peneliti kesehatan masyarakat di University of Toronto.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar