Obesitas Berisiko Tinggi Terkena Penyakit Jantung

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Obesitas Berisiko Tinggi Terkena Penyakit Jantung

Ilustrasi (Medical News Today)

Senin, 27 Maret 2017 | 10:05

Analisadaily - Tanpa tekanan darah tinggi atau tanda-tanda lain dari penyakit, penderita obesitas tetap berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dibandingkan rekan-rekan mereka yang memiliki berat badan normal.

"Kelebihan berat badan dan obesitas dikaitkan dengan risiko tinggi mengembangkan diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular. Menjaga berat badan yang sehat melalui gaya hidup sangat penting untuk mencegah penyakit jantung,” kata peneliti senior Kristine Faerch dari Steno Diabetes Center di Kopenhagen.

Faerch dan rekannya menganalisis data lebih dari 6.200 pria dan wanita yang berpartisipasi dalam penelitian.

Pria yang metaboliknya sehat, namun kelebihan berat badan pada awalnya memiliki risiko yang sama seperti pria dengan berat badan normal. Risiko meningkat jika wanita yang memiliki metabolik sehat dan berat badan berelebih.

"Kami juga perlu mempertimbangkan gangguan muskuloskeletal dan hasil lainnya yang mempengaruhi kualitas hidup," tambahnya dilansir dari Fox News, Senin (27/3).

Penelitian menemukan, selama dua dekade, fungsi fisik menurun dua kali lebih banyak dan nyeri tubuh meningkat enam kali pada banyak masyarakat di dunia.

"Ini akan menjadi semakin penting karena lebih banyak orang hidup dengan obesitas lebih lama yang artinya akan lebih sulit mengendalikan penyakit jantung.”

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar