Obat Statin Kurangi Risiko Serangan Jantung

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Obat Statin Kurangi Risiko Serangan Jantung

Statin (BBC)

Selasa, 29 Agustus 2017 | 11:25

Analisadaily - British Heart Foundation (BHF) mengatakan, obat statin dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Penelitian melaporkan, pengurangan risiko serangan jantung dan stroke bisa menurun hingga 15%.

Pasien serangan jantung secara rutin diberi statin penurun kolesterol dan obat pengencer darah untuk membantu mengurangi risiko serangan berulang.

Dalam penelitian ini, 10.000 pasien yang sebelumnya pernah mendapat serangan jantung diobati dengan obat anti-inflamasi setiap tiga bulan sekali.

Percobaan, yang diadakan di hampir 40 negara, memantau pesien hingga empat tahun. Hasilnya, pengurangan risiko terlihat pada pasien yang hanya mengonsumsi obat statin. Namun, mereka dalam kondisi khusus justru bisa berakibat fatal.

Dr. Paul Ridker dari Brigham and Women's Hospital, mengatakan, penelitian ini merupakan tonggak sejarah dalam perjalanan yang panjang.

"Untuk pertama kalinya, kami dapat secara definitif menunjukkan obat untuk menurunkan peradangan dan mengurangi risiko kardiovaskular. Ini memiliki implikasi luas,” kata Ridker, seperti laporan dari BBC, Selasa (29/8).

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar