Obat Kumur Hilangkan Bakteri Gonore di Mulut?

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Obat Kumur Hilangkan Bakteri Gonore di Mulut?

Obat kumur (BBC)

Minggu, 28 Agustus 2016 | 12:11

Analisadaily - Gonore adalah bakteri dan dapat hidup di sekresi tenggorokan, serta penis dan vagina. Bakteri ini dapat tertular karena aktivitas dari pasangan. Penyakit gonore mulut sudah ada sejak tahun 1900-an, hingga ditemukannya pengobatan antibiotik yang efektif.

Menurut Public Health Inggris, gonore mulut meningkat antara tahun 2012 dan 2015 sebanyak 53 persen, dari 26.880 ke 41.193. Gonore bisa bertahan ditenggorokan tanpa gejala. Paramedis semakin khawatir infeksi pada akhirnya tidak dapat diobati karena resistensi bakteri terhadap obat antibiotik.

Jenis antibiotik yang dapat menyembuhkan gonore hanya tersisa satu jenis, yakni ceftriaxone. Selain ceftriaxone, Prof. Christopher Fairley dari Monash University menguji teori obat kumur yang disebut-sebut dapat melawan bakteri gonore.

Mereka yang ikut penelitian diminta berkumur dan membilas selama satu menit dengan air asin, sementara setengahnya menggunakan obat kumur antiseptik bermerek. Hasilnya, bakteri gonore dalam mulut secara signifikan berkurang dibandingkan dengan mereka yang berkumur dengan air asin.

Prof Fairley mengatakan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memeriksa berapa lama efek obat kumur dapat bertahan dalam memerangi bakteri. Dilansir dari BBC, Minggu (28/8), peneliti juga harus mengetahui sejauh mana perlindungan yang ditawarkan.

"Jika Anda bisa menggunakan obat kumur di setiap ada kesempatan, mungkin saja membuat perbedaan untuk tingkat infeksi," kata Christoper.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar