Obat Alami untuk Atasi Gejala Sakit Usus Buntu

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Triansari Prahara

Obat Alami untuk Atasi Gejala Sakit Usus Buntu

Ilustrasi (Berbagai Sumber)

Rabu, 7 Oktober 2015 | 09:44

Analisadaily – Apendisitis merupakan suatu kondisi di mana infeksi terjadi pada umbai cacing (apendiks). Umbai cacing sendiri merupakan organ tambahan pada usus dan sering disebut usus buntu. Sehingga apendisitis sering juga  disebut dengan penyakit usus buntu, dan penyakit ini lebih sering dialami oleh pria dibandingkan pada wanita.

Umumnya mereka yang menderita apendisitis antara usia 10- 30 tahun. Masalah usus buntu muncul karena akumulasi sampah di usus buntu, yang merupakan organ vestigial. Gejala-gejala penyakit usus buntu bermacam-macam. Mulai dari mual, muntah, sakit perut, sembelit, diare, kram perut, kehilangaan nafsu makan, demam, pembengkakan pada perut dan merasa sakit saat buang air kecil.

Karena itu adalah masalah serius, perlu untuk mengobatinya dalam waktu cepat dan tepat. Jika gejala-gejala penyakit ini dibiarkan semakin lama, solusi utama pengobatannya adalah dengan pengangkatan umbai cacing dengan operasi medis.

Akan tetapi, ada juga pengobatan alternatif dengan bahan –bahan alami, untuk membantu menyingkirkan rasa sakit usus buntu atau mengobati sebelum parah, seperti dikutip dari Boldsky, Rabu (7/10).

1. Kunyit

Susu kunyit (Berbagai Sumber)

Susu kunyit (Berbagai Sumber)

Kunyit adalah salah satu pengobatan alternatif alami terbaik yang sering digunakan untuk mengobati radang usus buntu. Kunyit diklaim dapat mengurangi peradangan usus buntu dan meredakan rasa sakit. Untuk mendapatkan hasil terbaik, umumnya kunyit ataupun bubuk kunyit dicampur ke dalam susu panas.

2. Lemon

Minuman lemon madu (Berbagai Sumber)

Minuman lemon madu (Berbagai Sumber)

Lemon diklaim dapat membantu untuk meringankan rasa sakit dan memperlakukan gangguan pencernaan dan sembelit, yang merupakan salah satu gejala dari apensiditis. Lemon dapat dikonsumsi dengan madu untuk menekan gejala tersebut. Jika tak ada lemon, Anda dapat menggantinya dengan jeruk nipis.

3. Dadih

Dadih/Yogurt Tradisional (Berbagai Sumber)

Dadih/Yogurt Tradisional (Berbagai Sumber)

Dadih dapat dikonsumsi setiap hari untuk mengobati usus buntu. Hal ini juga membanttu untuj mencegah pertumbuhan bakteri di usus buntu. Ini memudahkan sistem pencernaan dan memberikan bantuan dari rasa sakit.

4. Daun mint

Daun mint (Berbagai Sumber)

Daun mint (Berbagai Sumber)

Mengkonsumsi daun mint adalah salah satu obat alternatif yang efektif untuk gejala usus buntu. Mengkonsumsi 2-3 daun mint dapat membuang gas berlebih di usus dan dapat mengurangi rasa sakit.

5. Bawang putih

Bawang Putih (Berbagai Sumber)

Bawang Putih (Berbagai Sumber)

Properti inflamasi antibakteri yang hadir pada bawang putih diklaim efektif menyembuhkan usus buntu. Ttak hanya itu, bumbu dapar ini juga dapat mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit usus buntu.

6. Kemangi

Kemangi (Berbagai Sumber)

Kemangi (Berbagai Sumber)

Kemangi atau basil adalah ramuan herbal yang sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Basil menenangkan rasa sakit usus buntu dan menyembuhkan demam. Hal ini juga membantu dalam mengurangi pembengkakan pada perut.

7. Jahe

Minuman jahe (Berbagai Sumber)

Minuman jahe (Berbagai Sumber)

Jahe membantu dalam mengurangi gejala usus buntu seperti mual dan muntah. Jahe dapat dikonsumsi sebagai bahan dalam teh.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar