New York Larang Penjualan Rokok Elektrik

Penulis: Christison Sondang Pane

New York Larang Penjualan Rokok Elektrik

Ilustrasi rokok elektrik (Reuters/Brendan McDermid/Engadget)

Senin, 16 September 2019 | 09:18

Analisadaily - New York tidak menunggu pemerintah federal untuk mengambil tindakan penggunaan vaping pada remaja . Gubernur Andrew Cuomo, mengumumkan tindakan eksekutif darurat yang akan melarang penjualan rokok elektrik.

Langkah ini akan melihat Komisaris Departemen Kesehatan negara mengadakan pertemuan mendesak dengan Dewan Perencanaan dan Kesehatan Masyarakat untuk menerapkan larangan tersebut.

Pembuat dan toko e-cig sengaja dan ceroboh mencoba untuk mendekati audiens yang lebih muda, dan ini secara teoritis akan menghentikan perilaku tersebut.

Negara secara bersamaan meningkatkan penegakan hukum terhadap pengecer yang menjual kepada pembeli di bawah umur, termasuk investigasi rahasia yang akan memiliki sukarelawan di bawah umur yang mencoba membeli e-cigs.

Dilansir dari Engadget, Senin (16/9), Cuamo juga bicara tentang undang-undang yang bertujuan untuk melarang pemasaran e-cigs untuk remaja dan anak-anak.

Langkah ini datang di atas tindakan keras sebelumnya, termasuk pengesahan undang-undang yang menaikkan usia pembelian minimum dari 18 menjadi 21, penyelidikan terhadap perusahaan vaping dan perintah eksekutif yang mewajibkan program kesadaran untuk sekolah.

Cuomo menyampaikan, berdasarkan data Departemen Kesehatan, ada peningkatan tajam dalam penggunaan e-cig di kalangan remaja. Sekitar 27 persen siswa sekolah menengah menggunakan e-rokok, atau 160 persen lebih banyak dari pada tahun 2014.

Gubernur juga mereferensikan survei tahun 2017 yang menunjukkan, 19 persen remaja negara bagian mencoba e-cig karena rasa, dengan 27 persen mengutip rasa sebagai alasan untuk tetap merokok.

Dia kemudian menuding perusahaan-perusahaan yang mengklaim e-cigs secara aman, mencatat bahwa penelitian awal menunjukkan, mereka dapat menyebabkan masalah kardiovaskular dan pernapasan.

Tidak pasti apakah negara-negara lain akan mengikutinya, tetapi ini masih merupakan pukulan signifikan bagi produsen e-cig. New York telah berupaya untuk mengekang vaping remaja, seperti skrining ketat Juul, tapi itu jelas tidak cukup di mata New York.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar