Musim Hujan, Waspadai Beberapa Penyakit Ini

Musim Hujan, Waspadai Beberapa Penyakit Ini

Banjir di salah satu kawasan Kota Medan, Sabtu (10/9).

(rdn/rzd)

Sabtu, 10 September 2016 | 14:34

Analisadaily (Medan) - Musim hujan yang melanda Kota Medan kini menghantui seluruh masyarakat. Selain banjir, sejumlah penyakit juga berpotensi menyerang.

Hal itu disampaikan oleh dr Suci Rajumaiati kepada Analisadaily.com, Sabtu (10/9) siang. Menurutnya, mencret, DBD dan penyakit kulit bisa saja menyerang masyarakat.

"Mencret itu karena higienis berkurang, jadi kita mesti bisa menjaga kebersihan sebaik mungkin. Lalu dengan keadaan lembab itulah kesempatan mikroorganisme berkembang," kata dr Suci.

Sedangkan volume air yang tinggi, lanjutnya, bisa menjadi sarana nyamuk berkembang biak. Terutama di genangan air tidak pada air mengalir. Bahkan potensi penularannya pun mungkin bertambah.

"Upayakan tak tersentuh air banjirnya. Apalagi kalau ada luka terbuka. Sebab itu bisa jadi jalan masuk tertularnya penyakit lain, misalnya leptospirosis," sebut dokter cantik ini.

Jadi, sarannya, lebih baik segera membersihkan diri usai terkena air banjir. Tentunya dengan sumber air bersih bukan dengan air yang sudah terkontaminasi banjir.

"Penyakit kulit juga boleh jadi mengancam kita," ungkap dr Suci.

dr Suci menyarankan, terus konsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi. Tidak lupa multivitamin, istirahat yang cukup dan juga olahraga yang teratur.

(rdn/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar