Minuman Panas Sebabkan Kanker Tenggorokan?

Penulis: Ria Situmorang

Minuman Panas Sebabkan Kanker Tenggorokan?

Ilustrasi (Star2)

Jumat, 17 Juni 2016 | 09:19

Analisadaily – Minuman yang terlalu panas kemungkinan akan meningkatkan risiko kanker oesophagus atau kanker tenggorokan seperti yang dilaporkan agensi PBB yang fokus terhadap penanganan kanker baru-baru ini.

Menurut agensi internasional penelitian untuk kanker (IARC) ini, minuman seperti teh atau kopi yang Anda seduh sangat baik juga disajikan dalam temperatur yang normal. Agensi ini sebelumnya melaporkan bahwa kopi mengandung karsinogenik, penyebab kanker namun kemudian agensi ini menarik kembali pernyataannya.

“Penelitian ini menyatakan suhu minuman yang panas berisiko menyebabkan kanker oesophageal dibandingkan dengan jenis minumannya,” ujar Christopher Wild dari IARC.

Kanker orsophageal atau kanker tenggorokan sendiri adalah jenis kanker ke-8 yang menyebabkan kematian pada 400 ribu orang di tahun 2012. WHO juga menegaskan kanker jenis ini bisa juga disebabkan kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol.

“Yang kami bisa katakan, biarkanlah minuman panas mendingin sebentar,” ujar juru bicara WHO, Gregory Hartl.

Hasil yang dirangkum situs berita Star2, Jumat (17/6), menunjukkan mengonsumsi minuman diatas 65 derajat celcius berpotensi meningkatkan risiko kanker jenis ini.

“Studi di Tiongkok, Iran, Turki dan Amerika Selatan menyatakan bahwa kopi dan teh biasanya disajikan dalam kondisi yang sangat panas (diatas 70 derajat celcius),” ujar perwakilan IARC.

Sebelumnya IARC juga membantah bahwa daging babi mengandung karsinogenik, dengan syarat apabila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar