Minuman Bersoda Pada Anak Tingkatkan Resiko Kanker Payudara

Penulis: Lely Novita

Minuman Bersoda Pada Anak Tingkatkan Resiko Kanker Payudara

Anak-anak perempuan yang meminum 1,5 kaleng minuman soda sehari dapat meningkatkan resiko kanker payudara (Mirror)

Rabu, 28 Januari 2015 | 08:00

Analisadaily - Peneliti memperingatkan bahwa para gadis yang meminum satu setengah kaleng soda sehari dapat meningkatkan resiko kanker payudara.

BACA JUGA : Manfaat ASI Bagi Ibu

Menurut studi dari Harvard Medical School, sekitar setengah liter soda dalam sehari, seperti cola manis, limun, atau minuman soda lainnya, dapat membahayakan kesehatan dengan menyebabkan pubertas dini.

Para ilmuwan menemukan bahwa anak perempuan berpeluang mengembangkan peningkatan kanker payudara sekitar 5% setiap tahunnya, dan menjadi dewasa sebelum waktunya. Oleh karena itu, menurut Professor Karin Michels, sangat penting untuk memperhatikan konsumsi gula dan minuman manis pada anak-anak.

Minuman dengan tambahan pemanis akan menjalari konsentrasi insulin dalam tubuh, sehingga menyebabkan konsentrasi yang tinggi dari hormon seks. Hormon-hormon ini biasanya berkaitan dengan masa haid yang datang lebih awal, yang merupakan suatu kondisi yang meningkat di negara-negara maju.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa anak-anak perempuan yang mulai haid pertama sebelum usia 12 tahun, memiliki peluang 30% lebih besar terkena kanker payudara. Banyak ahli percaya bahwa perkembangan terlalu dini tubuh mungkin lebih rentan terhadap resiko kanker di kemudian hari.

“Tidak seperti kebanyakan prediktor lain, konsumsi minuman manis dapat dimodifikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa lebih baik anak-anak beralih ke air,” kata Dr Michels, dilansir dari Mirror(Lely)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar