Minuman Bernutrisi Tidak Terbukti Sembuhkan Alzheimer

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Minuman Bernutrisi Tidak Terbukti Sembuhkan Alzheimer

Ilustrasi (BBC)

Rabu, 1 November 2017 | 11:07

Analisadaily - Terus meningkatnya pasien Alzheimer membuat sejumlah perusahaan mencoba menjual produk yang mengklaim dapat menyembuhkan atau mengurangi penyakit. Menurut laporan uji klinis, minuman bernutrisi yang dijual bebas di Inggris tidak membantu menyembuhkan pasien Alzheimer.

Penelitian lebih besar diperlukan demi mengetahui obat tepat untuk penyakit yang berhubungan dengan otak ini. Produk hadir dalam sebutan Souvenaid. Perusahaan memberikan banyak pilihan rasa, termasuk stroberi atau vanilla yang mengandung kombinasi asam lemak, vitamin dan nutrisi lainnya.

Penelitian ini melibatkan 311 pasien dengan penyakit Alzheimer atau gangguan kognitif ringan. Mereka semua diminta untuk minum Souvenaid sehari-hari. Dilansir dari BBC, Rabu (11/1), setelah dua tahun berpartisipasi, pasien diperiksa ulang untuk melihat apakah ada perbedaan antara sebelum meminum Souvenaid dan sesudah.

Mereka mengikuti prosedur pemeriksaan, berbagai tes memori dan kognitif. Hasilnya tidak menyebutkan Souvenaid bisa mengurangi penyakit tersebut.

Prof. Tara Spires-Jones, seorang ahli demensia di University of Edinburgh, mengatakan, keseluruhan penelitian menunjukkan perubahan nutrisi tertentu tidak mungkin membuat perbedaan besar pada penderita Alzheimer.

"Gaya hidup sehat, termasuk olahraga dan diet sehat yang bisa membantu mengurangi risiko pengembangan demensia. Namun begitu kerusakan otak dimulai, intervensi menjaga makanan pun tidak mungkin menghentikan penyakitnya," kata Jones.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar