Minum Kopi Secangkir Bisa Turunkan Berat Badan

Penulis: Christison Sondang Pane

Minum Kopi Secangkir Bisa Turunkan Berat Badan

Ilustrasi kopi (Metro)

Rabu, 26 Juni 2019 | 14:26

Analisadaily - Sebuah studi dari School of Medicine di University of Nottingham menemukan, minum secangkir kopi dapat merangsang lemak coklat, yang membakar kalori untuk menghasilkan panas tubuh.

Para ahli mengatakan, orang dengan indeks massa tubuh lebih rendah (BMI) cenderung memiliki jumlah lemak cokelat yang lebih tinggi, yang merupakan jenis lemak berbeda dengan lemak putih, yang disebabkan oleh konsumsi kalori berlebih.

Profesor Michael Symonds, yang ikut memimpin penelitian ini menjelaskan, lemak coklat bekerja dengan cara berbeda dengan lemak lain di tubuh Anda dan menghasilkan panas dengan membakar gula dan lemak, seringkali sebagai respons terhadap dingin.

“Aktivitasnya meningkatkan kontrol gula darah serta meningkatkan kadar lemak darah dan kalori tambahan yang dibakar membantu menurunkan berat badan. Ini adalah studi pertama pada manusia untuk menunjukkan, sesuatu seperti secangkir kopi dapat memiliki efek langsung pada fungsi lemak coklat kita,” kata Symonds.

"Implikasi potensial dari hasil kami cukup besar, karena obesitas adalah masalah kesehatan utama bagi masyarakat dan kami juga memiliki epidemi diabetes yang berkembang dan lemak coklat berpotensi menjadi bagian dari solusi dalam mengatasinya,” sambung Symonds dilansir dari Metro, Rabu (26/6).

Para peneliti menemukan hubungan antara minum kopi dan membakar kalori terlebih dahulu dengan menggunakan sel punca, kemudian beralih untuk melacak cadangan lemak coklat manusia saat mereka mengeluarkan panas.

“Dari pekerjaan kami sebelumnya, kami tahu bahwa lemak coklat terutama terletak di daerah leher, jadi kami dapat membayangkan seseorang langsung setelah mereka minum untuk melihat apakah lemak coklat semakin panas,” ujar Syonds.

“Hasilnya positif dan kita sekarang perlu memastikan, kafein sebagai salah satu bahan dalam kopi bertindak sebagai stimulus atau jika ada komponen lain yang membantu aktivasi lemak coklat. Kami sedang mencari suplemen kafein untuk menguji apakah efeknya sama,” sambungnya.

"Setelah kami mengkonfirmasi komponen mana yang bertanggung jawab untuk ini, komponen ini berpotensi digunakan sebagai bagian dari rezim manajemen berat badan atau sebagai bagian dari program pengaturan glukosa untuk membantu mencegah diabetes," ujarnya lagi.

Namun, menurutnya, mereka ragu manfaat penurunan berat badan akan terjadi jika minuman berkafein pilihan Anda adalah sesuatu yang dikemas dengan gula dan diberi krim kocok. Anda mungkin ingin tetap menggunakan Americano. Bagian riset terbaru ini hanyalah sedikit bukti pro-kopi untuk meyakinkan Anda mengisi cangkir Anda.

Studi juga menunjukkan, kopi dapat membantu mengurangi peluang Anda terkena Alzheimer dan Parkinson. Dua cangkir sehari dapat membuat Anda hidup dua tahun lebih lama, dan masalah jantung yang terkait dengan minum kopi adalah 'mitos'.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar