Minum 4 Cangkir Kopi Setiap Hari Bantu Anda Hidup Lebih Lama

Penulis: Reza Perdana

Minum 4 Cangkir Kopi Setiap Hari Bantu Anda Hidup Lebih Lama

Ilustrasi (Boldsky)

Kamis, 31 Agustus 2017 | 20:26

Analisadaily - Periset di Rumah Sakit de Navarra, di Spanyol, menemukan orang yang mengonsumsi setidaknya empat cangkir kopi per hari memiliki risiko 64 persen lebih rendah dari semua penyebab kematian, dibandingkan mereka yang tidak pernah mengonsumsi kopi.

Dilansir dari Boldsky, Kamis (31/8), dalam penelitian tersebut ditumukan ada 22 persen risiko kematian sebab-akibat lebih rendah untuk setiap dua cangkir kopi tambahan per hari.

"Kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia," kata Adela Navarro, seorang ahli jantung di Hospital de Navarra.

"Kami menemukan hubungan terbalik antara minum kopi dan risiko semua penyebab kematian, terutama pada orang berusia 45 tahun ke atas. Ini mungkin karena adanya hubungan perlindungan yang lebih kuat di antara peserta yang lebih tua," sebut Navarro.

Penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa minum kopi mungkin berbanding terbalik dengan semua penyebab kematian, namun hal ini belum diselidiki di negara Mediterania.

Periset menganalisis 19.896 peserta dengan usia rata-rata saat pendaftaran berusia 37,7 tahun. Peserta menyelesaikan kuesioner frekuensi makanan untuk mengumpulkan informasi mengenai konsumsi kopi, gaya hidup dan karakteristik sosiodemografi, pengukuran antropometri, dan kondisi kesehatan sebelumnya. Untuk studi pasien ditindaklanjuti rata-rata sepuluh tahun.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar