Merokok Ketika Hamil Perbesar Risiko Diabetes pada Anak

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Eka Azwin Lubis

Merokok Ketika Hamil Perbesar Risiko Diabetes pada Anak

Ilustrasi (Berbagai Sumber)

Jumat, 13 Februari 2015 | 18:59

Analisadaily - Rasanya bukan rahasia lagi bila kita mengatakan asap rokok mangandung bahaya yang luar biasa bagi kesehatan manusia. Apalagi jika seorang wanita yang sedang hamil tetap menghisap rokok, niscaya bayi yang ada dalam kandungannya juga akan merasakan berbagai penyakit ketika dilahirkan.

Dilansir dari laman Times of India, wanita yang sedang hamil dan menjadi perokok aktif maupun pasif akan memiliki anak yang berisiko mengidap diabetes.

"Penemuan ini berfokus pada bahaya dari unsur kimiawi yang terdapat pada asap rokok yang berisiko bagi perkembangan janin," ungkap Michele La Merill, seorang ahli dari Universitas California.

BACA JUGA : Bahaya Tak Terduga Rokok

Dalam banyak penelitian telah ditunjukkan bahwa janin yang dikandung perempuan perokok akan berisiko 2-3 kali lebih tinggi terkena diabetes daripada bayi dalam kandungan ibu yang tidak merokok. Risiko akan diperparah bila sang ayah juga perokok aktif.

Selain berisiko terkena penyakit diabetes, orangtua yang merokok akan memperbesar risiko anaknya mengalami obesitas dan gangguan pernapasan.

"Jika orangtua merokok apalagi sampai kecanduan, sudah dapat dipastikan kesehatan anak yang menjadi taruhan. Sebaiknya aktivitas merokok segera dihentikan karena sangat berbahaya," tambah Michelle.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar