Menunggang Kuda Ringankan Gejala PTSD

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Menunggang Kuda Ringankan Gejala PTSD

Menunggang kuda (Wide Open Pet)

Selasa, 6 Maret 2018 | 12:38

Analisadaily - Setelah menjalani tiga sesi berkuda setiap pekan, 32 orang tua yang berpartisipasi dalam sebuah penelitian, diketahui mengalami pengurangan gejala Post Traumatic Stress Disorder (PTSD).

Mereka juga mengalami penurunan nilai gejala secara klinis. Dengan kata lain, mereka mampu melakukan berbagai hal yang sebelumnya tidak dapat dilakukan sebelum mengikuti program berkuda.

"Sangat menyenangkan mengetahui penelitian kami dapat membantu penderita PTSD," kata peneliti utama, Rebecca A. Johnson, seorang profesor keperawatan sekaligus kedokteran hewan di University of Missouri di Columbia.

"Veteran dengan gangguan stres pasca trauma memiliki kecemasan tinggi. Menunggang kuda, bukan naik kuda, dapat mengurangi dampak kecemasan mereka," lanjutnya, dilansir dari Fox News, Selasa (6/3).

Selama sesi menunggangi kuda di Missouri, veteran juga belajar dan mempraktekkan bagaimana melakukan perawatan, berinteraksi dan mengendarai kuda bersama seorang pengawas dan dua pejalan kaki. Sebagian besar peserta adalah pria, dan mereka berusia antara 29 sampai 73 tahun.

"Saya dapat melihat ini sebagai bagian dari program khusus, sebuah program rujukan untuk mereka yang telah gagal dalam modalitas perawatan lainnya," ujar Gary Wynn, seorang profesor psikiatri dan ilmu saraf di Uniformed Services University of the Health Sciences di Bethesda, Maryland.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar