Menulis dengan Tangan Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Penulis: Reza Perdana

Menulis dengan Tangan Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Ilustrasi (Pixabay)

Jumat, 9 November 2018 | 14:09

Analisadaily - Teknologi saat ini dirancang untuk membuat hidup lebih mudah. Dahulu, orang menggunakan buku dan pena atau pensil untuk menulis sesuatu, tetapi sekarang cenderung beralih ke aplikasi pencatat di smartphone atau laptop.

Meskipun ada kenyamanan tersendiri, namun seperti dilansir dari Asia One, Jumat (9/11), dilaporkan bahwa menulis dengan tangan sebenarnya baik untuk otak karena meningkatkan kemampuan kognitif.

Sorang ahli dalam analisis tulisan tangan, Deborah Dewi mengatakan, ada perbedaan yang signifikan antara memproses informasi dengan mengetik atau menulis. Semakin banyak orang menggunakan tangan untuk menulis, semakin banyak area kognitif otak yang ditingkatkan.

Dia juga menyebutkan, menulis dengan tangan cenderung mengingat lebih baik daripada mereka yang menggunakan perangkat untuk mencatat.

Menulis dengan tangan dianggap lebih kompleks jika dibandingkan dengan mengetik, karena melibatkan bagian tubuh yang berbeda, termasuk jari dan lengan, merangsang area otak yang berbeda.

"Pernahkah Anda merasa seperti otak Anda kosong? Itu karena pikiran kita kelebihan beban," kata Deborah, satu-satunya ahli grafologi Indonesia yang diakui oleh Asosiasi Analis Tulisan Tangan Amerika (AAHA) dan American Handwriting Analyst Foundation (AHAF).

Dia mengatakan bahwa menulis dengan tangan juga bisa membantu mengosongkan pikiran. Deborah menyarankan untuk membawa kembali budaya tulisan tangan, sebari mengatakan mengetik tidak seharusnya menghilangkan tulisan tangan.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar