Meningkatkan Kekuatan Otot Dapat Memperpanjang Hidup

Penulis: Reza Perdana

Meningkatkan Kekuatan Otot Dapat Memperpanjang Hidup

Ilustrasi (Pixabay)

Jumat, 19 April 2019 | 14:14

Analisadaily – Berdasarkan sebuah studi baru-baru ini, dengan meningkatkan kekuatan otot , Anda dapat memperpanjang hidup, seperti dilansir dari Times of India, Jumat (19/4).

"Studi kami menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa orang dengan kekuatan otot lebih cenderung hidup lebih lama," kata Profesor Claudio Gil Araujo, penulis utama penelitian ini.

Semua tergantung pada kemampuan untuk menghasilkan kekuatan dan kecepatan, serta untuk mengkoordinasikan gerakan. Dengan kata lain, ini adalah ukuran pekerjaan yang dilakukan per unit waktu.

"Latihan kekuatan dilakukan dengan menemukan kombinasi terbaik dari kecepatan dan berat yang diangkat atau dipindahkan."

"Tetapi untuk hasil latihan kekuatan yang optimal, Anda harus melampaui latihan kekuatan yang khas dan menambah kecepatan pada angkat berat Anda," jelas Araujo.

Penelitian yang dibahas dalam pertemuan EuroPrevent 2019 ini mendaftarkan 3.878 atlet yang berusia 41-85 tahun yang menjalani tes kekuatan otot maksimal menggunakan latihan baris tegak antara tahun 2001 dan 2016.

Usia rata-rata peserta adalah 59 tahun, 5% adalah lebih dari 80, dan 68% adalah laki-laki. Nilai tertinggi yang dicapai setelah dua atau tiga upaya dengan peningkatan beban dianggap sebagai kekuatan otot maksimal dan dinyatakan relatif terhadap berat badan.

Peserta dengan kekuatan otot maksimal di atas median untuk jenis kelamin mereka memiliki kelangsungan hidup terbaik. Mereka yang berada di kuartil dua dan satu, masing-masing, memiliki risiko mati 4-5 dan 10-13 kali lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang di atas median dalam kekuatan otot maksimal.

Profesor Araujo mencatat, ini adalah pertama kalinya nilai prognostik kekuatan otot dinilai. Penelitian sebelumnya telah berfokus pada kekuatan otot, terutama menggunakan latihan handgrip.

Latihan baris lurus dipilih untuk penelitian karena merupakan tindakan umum dalam kehidupan sehari-hari untuk mengambil bahan makanan dan sebagainya. Para peneliti saat ini sedang meneliti hubungan antara kekuatan otot dan penyebab spesifik kematian termasuk penyakit kardiovaskular dan kanker.

"Dokter harus mempertimbangkan mengukur kekuatan otot pada pasien mereka dan menyarankan lebih banyak latihan kekuatan," terangnya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar