Menikah Ubah Kepribadian Seseorang

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Menikah Ubah Kepribadian Seseorang

Ilustrasi (Focus)

Kamis, 14 Juni 2018 | 10:41

Analisadaily - Penelitian baru dari University of Georgia menunjukkan bahwa seseorang akan mengalami perubahan kepribadian yang signifikan selama tahun pertama setelah pernikahan.

Peneliti mempelajari 169 pasangan yang baru menikah. Tim peneliti meminta mereka untuk menilai psikologi pasangannya setelah menikah. Ada lima kategori, yakni extraversion, keterbukaan terhadap pengalaman, hati nurani, keramahan dan neurotisisme.

Secara keseluruhan, para suami menjadi lebih sadar ketika mereka menyesuaikan diri dengan peran baru, dan para istri mengalami rasa lebih tenang dengan mengurangi rasa cemas, depresi dan marah.

Menariknya, hasil penelitian ini tidak dipengaruhi oleh usia pasangan, demografi, kohabitasi sebelum menikah, kepuasan pernikahan, status orang tua atau berapa lama pasangan itu pacaran.

"Saya pikir temuan ini menunjukkan fakta bahwa menikah adalah waktu yang menarik untuk pasangan. Juga merupakan salah satu yang melibatkan beberapa penyesuaian untuk pengaturan hidup baru," kata Lavner, salah seorang peneliti, dilansir dari Huffingtonpost, Kamis (13/6).

"Ada peningkatan interdependensi. Pola perubahan yang kami amati menunjukkan ada sesuatu tentang transisi ke pernikahan itu sendiri daripada faktor-faktor lain, seperti bertambah tua atau bersama pasangan Anda lebih lama," jelasnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar