Menikah Kurangi Risiko Demensia

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Menikah Kurangi Risiko Demensia

Ilustrasi (Fox News)

Sabtu, 2 Desember 2017 | 14:12

Analisadaily - Menikah ternyata juga memiliki dampak positif untuk kesehatan.

Menikah diketahui bisa mengurangi risiko terkena demensia dibandingkan mereka yang tidak menikah. Mereka yang tidak menikah, 42% lebih mungkin terkena demensia.

"Temuan kami dari populasi besar di banyak negara dan periode waktu yang lama. Ini bukti tentang orang-orang yang sudah menikah," kata peneliti dari University College, London, Dr. Andrew Sommerlad.

"Ada banyak literatur yang menunjukkan bahwa pernikahan bermanfaat bagi kesehatan dengan berbagai cara," kata Joan Monin dari Yale School of Public Health di New Haven, Connecticut, dilansir dari Fox News, Sabtu (2/12).

"Pasangan suami-istri berbagi perilaku sehat, seperti melakukan aktivitas fisik, memperhatikan pola makan dan membatasi ketidakstabilan kesehatan," lanjut Joan.

Isolasi sosial adalah satu dari sembilan faktor risiko demensia yang diidentifikasi oleh Lancet Commission on Dementia, Prevention, Intervention and Care.

Di seluruh dunia terdapat hampir 47 juta orang yang hidup dengan demensia, atau kehilangan fungsi otak, termasuk memori, pemikiran dan perilaku. Penyakit Alzheimer adalah penyebab demensia yang paling umum.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar