Menggunakan IUD Minim Terkena Kanker Serviks

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Menggunakan IUD Minim Terkena Kanker Serviks

IUD (Fox News)

Kamis, 9 November 2017 | 11:14

Analisadaily - Wanita yang menggunakan alat kontrasepsi IUD berisiko lebih rendah terkena kanker serviks menurut penelitian terbaru.

Penelitian yang diterbitkan di Obstetrics & Gynecology, menyebutkan risiko lebih renda hingga sepertiga kali dibandingkan wanita yang menggunakan jenis pil.

"Saya pikir, kabar ini adalah apa yang Anda harapkan. Memang benar IUD mampu mengurangi risiko kanker serviks. Namun, kami masih perlu melakukan uji klinis secara mekanisme,” kata Victoria Cortessis, seorang ahli epidemiologi di Sekolah Keck Kedokteran, University of Southern California.

Kanker serviks disebabkan oleh strain human papillomavirus (HPV) tertentu. 1 dari 10 wanita yang mendapatkan infeksi HPV lebih cepat mengembangkan kanker serviks.

Hal ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh gagal membunuh HPV dan infeksi virus tetap ada, yang akhirnya menyebabkan kanker serviks.

IUD dapat menurunkan risiko kanker serviks seorang wanita dengan membantu melawan infeksi HPV karena memicu respon kekebalan tubuh yang dapat melawan infeksi HPV.

Dilansir dari Fox News, Kamis (9/11), dalam meta-analisis, lebih dari 12.000 wanita dari seluruh dunia diteliti dan banyak dari mereka mendapat pencegahan karena menggunakan IUD.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar