Mengenal Lebih Dekat Tentang Meningitis

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Mengenal Lebih Dekat Tentang Meningitis

Meningitis (Fox News)

Senin, 16 Juli 2018 | 13:03

Analisadaily - Ribuan orang di AS setiap tahun dipengaruhi oleh bakteri meningitis. Bayi yang baru lahir hingga orang dewasa bisa terkena bakteri ini.

Apa itu meningitis?

Meningitis adalah peradangan selaput (meninges) di sekitar otak dan sumsum tulang belakang.

Ada banyak jenis meningitis, mulai dari yang disebabkan bakteri, virus dan jamur. Virus adalah bentuk yang paling umum.

Meskipun kebanyakan orang sembuh, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dalam beberapa kasus Meningitis bisa menyebabkan kematian dengan sangat cepat.

Menurut data CDC, rata-rata 500 orang di AS meninggal karena meningitis bakteri antara 2003 dan 2007.

Mereka yang selamat dari infeksi bisa menyebabkan kecacatan permanen seperti kehilangan pendengaran atau kerusakan otak.

Apa yang menyebabkan meningitis?

Meningitis bakteri, disebabkan oleh bakteri yang memasuki aliran darah yang kemudian bergerak ke otak dan sumsum tulang belakang.

Meningitis bakterial juga dapat terjadi ketika bakteri langsung menyerang meninges. Awalnya bisa disebabkan oleh infeksi telinga atau sinus, dan patah tulang tengkorak.

“Lebih khusus, infeksi bisa disebabkan oleh berbagai jenis bakteri berdasarkan kelompok usia," kata perwakilan CDC dilansir dari Fox News, Senin (16/7).

Bakteri yang menyebabkan meningitis disebut Streptococcus pneumonia. Bakteri Haemophilus influenzae tipe b (Hib) dapat menyebabkan meningitis pada anak-anak, dan dalam beberapa kasus terjadi pada manula.

Sedangkan bakteri yang dikenal sebagai Neisseria menjadi penyebab utama meningitis bakteri pada kaula mudan dan orang dewasa.

"Bakteri ini biasanya menyebabkan infeksi pernapasan atas tetapi dapat menyebabkan meningitis meningokokus ketika mereka memasuki aliran darah," tambah perwakilan CDC.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar