Mengenal Lebih Dalam Parasit Kucing Bernama Bradyzoites

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Mengenal Lebih Dalam Parasit Kucing Bernama Bradyzoites

Ilustrasi (Fox News)

Selasa, 31 Juli 2018 | 12:32

Analisadaily - Sering kita dengar kucing membawa sebuah parasit yang mampu menginfeksi sekitar 30 hingga 50 persen populasi manusia dunia.

Toxoplasma gondii adalah parasit protozoa yang dapat hidup di banyak jenis hewan, meskipun hanya dapat bereproduksi secara seksual di usus kucing domestik atau liar, pada dasarnya kucing akan mengeluarkan bentuk mirip telur dari parasit dalam kotoran mereka.

Parasit kemudian bereproduksi secara aseksual dalam tubuh hewan pengerat, dan akhirnya memasuki tahap siklus hidup di mana mereka dikenal sebagai bradyzoites - sel dorman yang dikemas dalam kista di otak dan jaringan lain.

Kista memanipulasi perilaku hewan pengerat untuk tujuan mereka sendiri. Jika tertular pada tikus, maka tikus yang terinfeksi kehilangan rasa takut terhadap predator, dan beberapa malah menjadi tertarik pada kucing.

Manusia dapat terinfeksi baik melalui kontak dari kotoran kucing atau dengan makan daging yang terkontaminasi. Penyakit ini berbahaya bagi penderita AIDS, dan bagi wanita hamil. Banyak kasus, manusia yang terinfeksi bisa terkena flu.

"Meski tidak ada gejala, parasit di dalam tubuh manusia bisa saja masih hidup," kata Kevin Lafferty, seorang ahli ekologi parasit pada Survei Geologi AS di Universitas California, Santa Barbara.

"Bisa saja parasit berada di otak, dan mereka penuh dengan bradzoit kecil," tambahnya, seperti dilansir dari Fox News, Selasa (31/7).

Manusia sendiri menjadi jalan buntu untuk parasit karena parasit belum berevolusi untuk memanipulasi perilaku manusia secara khusus. Namun, otak manusia memiliki banyak kesamaan dengan otak tikus, sehingga mekanisme yang sama bisa saja terjadi pada manusia.

Penelitian menemukan, orang yang terinfeksi lebih mungkin mengalami kecelakaan lalu lintas, skizofrenia, dan menyalahgunakan alkohol.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar