Mengapa Gunakan IUD Masih Bisa Hamil?

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Mengapa Gunakan IUD Masih Bisa Hamil?

IUD (Fox News)

Kamis, 11 Mei 2017 | 13:38

Analisadaily - Foto bayi yang menggenggam alat kontrasepsi jenis IUD belum lama ini tersebar di dunia maya hingga membuat banyak ahli medis bingung mengapa pengguna IUD masih bisa hamil.

IUD merupakan jenis alat kontrasepsi long-acting dan reversibel yang dimasukkan ke dalam rahim untuk mencegah kehamilan. Sangat jarang terjadi kehamilan setelah wanita menggunakan IUD.

Menurut American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), IUD adalah salah satu alat kontrasepsi pengendalian kelahiran yang paling efektif, dengan tingkat kegagalan kurang dari 1% selama tahun pertama penggunaan.

Namun dalam kasus yang jarang terjadi, kehamilan juga bisa terjadi. Misalnya, IUD terlepas dari rahim. Hal ini kemungkinan besar terjadi setelah perangkat dimasukkan. Jika ini terjadi, seorang wanita bisa hamil.

Dokter menyarankan pengguna agar memeriksanya sebulan sekali untuk melihat apakah perangkat IUD berada di tempat yang tepat. Sebab, IUD bisa berbahaya jika pemasangannya tidak tepat.

Menurut laporan Fox New, Kamis (11/5), jika seorang wanita hamil dan IUD ada di dalam rahimnya, risiko terkena infeksi, keguguran dan persalinan dini cukup besar terjadi.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar