Menangis Perbaiki Suasana Hati

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Lely Novita

Menangis Perbaiki Suasana Hati

Ilustrasi (Food and Spirit Professional)

Rabu, 26 Agustus 2015 | 08:51

Analisadaily - Merasa suram? Silahkan menitikkan air mata. Ya, menurut penelitian terbaru dari Belanda, menangis dapat memperbaiki suasana hati yang sedang kacau 90 menit setelah menangis.

Para ilmuwan bertanya kepada 60 peserta bagaimana perasaan mereka sebelum menonton dua film Hachi: A Dog's Tale dan Life Is Beautiful, kemudian bertanya pertanyaan yang sama setelah seluruh peserta menontonnya.

32 peserta yang tidak menangis mengatakan bahwa perasaan mereka tetap konstan. Tapi hal yang menarik terjadi di antara 28 peserta yang menangis. Suasana hati mereka mengambil alih setelah menonton film. Mereka merasa lebih baik setelah 20 menit, kemudian suasana hati lebih baik setelah 90 menit.

Tindakan emosional menangis sebenarnya agak misteri. Beberapa ilmuwan mengatakan, menangis adalah tindakan berupa dukungan, kenyamanan atau bantuan. Sementara yang lain mengatakan itu tindakan untuk mengurangi emosi. Penelitian fokus pada teori terakhir, yakni menangis dapat memperbaiki suasana hati seseorang.

"Setelah penurunan suasana hati, Anda kemudian menangis maka setelah itu dibutuhkan beberapa waktu untuk mengembalikan mood. Tidak hanya untuk memulihkan, tetapi juga untuk meningkatkan suasana hati. Pola temuan penelitian ini sesuai dengan hasil penelitian retrospektif,” kata peneliti utama.

Dilaporkan Fox News (24/08), peserta yang menangis mungkin merasa lebih baik karena menangis mengurangi stres, endorfin dan membunuh rasa sakit secara alami.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar