Memikirkan Hal yang Tak Diinginkan, Mengapa?

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Memikirkan Hal yang Tak Diinginkan, Mengapa?

Ilustrasi (Fox News)

Selasa, 7 November 2017 | 12:42

Analisadaily - Sulit berhenti memikirkan hal yang padahal tidak ingin kita pikirkan? Ini merupakan situasi yang sangat sukar.

Sebab harus diingat, memikirkan hal-hal berat tidak hanya berdampak pada stres. Untuk jangka panjang, kesehatan otak juga akan terpengaruh. Fatalnya, memikirkan hal berlebih bisa mengakibatkan depresi, PTSD atau skizofrenia.

"Kemampuan kita mengendalikan pikiran sangat penting bagi kesejahteraan kita," kata profesor Cambridge Michael Anderso, dilansir dari Fox News, Selasa (7/11).

"Jika tidak dapat mengendalikannya, maka akan menyebabkan beberapa gejala penyakit kejiwaan yang paling berbahaya," sambungnya.

Penelitian tentang hal yang seharusnya tidak dipikirkan, namun harus terpikirkan disebabkan adanya perubahan aliran kimia dan darah pada otak subjek karena mereka diminta untuk mengingat atau tidak mengingat kata-kata tertentu.

Peneliti menyimpulkan, neurotransmiter sebagai penghambat darah di dalam otak atau disebut GABA yang terletak di daerah hippocampus, wilayah memori otak. Penemuan ini diharapkan bisa menjadi awal untuk menemukan obat PTSD, depresi, skizofrenia, dan banyak lagi masalah otak.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar