Melanoma Saat Hamil Umum Terjadi

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Melanoma Saat Hamil Umum Terjadi

Ilustrasi (Youtube)

Senin, 9 Mei 2016 | 09:31

Analisadaily - Banyak wanita hamil yang mengalami melanoma dan seolah sudah menjadi masalah umum.

Caitlyn Scaggs misalnya. Saat usia kehamilannya mencapai 26 minggu, dia menemukan adanya kanker kulit berbahaya dalam dirinya. Meski tidak memiliki riwayat keluarga kanker kulit, Scaggs berpikir, diagnosis melanoma diakibatkan dari kebiasaannya berada di bawah sinar matahari.

"Didiagnosis melanoma selama kehamilan bukanlah peristiwa langka," kata Dr. Lynn Schuchter dari Pusat Kanker Abramson di University of Pennsylvania Medicine, AS, dilansir dari Fox News, Senin (9/5).

Bahkan, tambah Lynn, hampir sepertiga dari kasus melanoma didiagnosis pada wanita hamil. Wanita yang didiagnosis melanoma selama hamil, bahkan lebih signifikan mengalami tumor pasca melahirkan. Kemudian berpotensi menyebar ke organ lain dan jaringan.

Tingkat kelangsungan hidup bagi penderita melanoma mencapai 98%, tapi untuk kanker stadium III, hanya 78%. Stadium lanjut melanoma juga merupakan salah satu dari beberapa jenis kanker.

Data menunjukkan bahwa melanoma tertentu memiliki reseptor estrogen dan progesteron, yang berpotensi menyebabkan melanoma tumbuh lebih cepat. Teori lain, melanoma terjadi pada saat hamil karena sistem kekebalan tubuh diubah selama kehamilan untuk mencegah penolakan janin.

Tags :

#Melanoma #Hamil

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar