Manfaatkan Kayu Manis Sebagai Antibiotik

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Manfaatkan Kayu Manis Sebagai Antibiotik

Kayu manis (CNN)

Senin, 6 Agustus 2018 | 13:04

Analisadaily - Berbicara tentang antibiotik, ilmu kedokteran saat ini sedang berupaya untuk terus meningkatkan kualitasnya karena beberapa bakteri sudah resisten terhadap antibiotik.

Menggunakan bahan yang lebih alami menjadi pilihan yang tidak bisa dihindarkan. Bahan-bahan alami yang ada di alam tentunya tidak memberikan efek samping dan justru lebih ampuh menjadi antibiotik natural.

Kayu manis diklaim dapat menjadi antibiotik yang efektif bagi tubuh. Dilansir dari Ask Dr. Manny, Senin (6/8), kayu manis disebut juga Cinnamaldehyde (CAD).

Peneliti telah melakukan penelitian tentang kayu manis yang digunakan sebagai antibiotik baru untuk melawan sekumpulan bakteri yang dikenal sebagai biofilm.

Biofilm adalah bakteri yang hidup bersama dengan membentuk substansi lengket dan menempelkan diri ke berbagai permukaan. Biofilm umum yang terjadi adalah penumpukan plak pada gigi.

Biofilm juga dapat muncul di berbagai lokasi lain yang membahayakan kesehatan. Biofilm menjadi salah satu bakteri yang kebal terhadap antibiotik, karena mereka bersatu membentuk tubuh pelindung yang kuat.

Hasil penelitian menyebutkan, senyawa pada kayu manis bisa memecah Biofilm sebanyak 75 persen. Pengembangan-pengembangan antibiotik dari kayu manis diharapkan dapat menjadi jawaban atas resisten antibiotik yang belakangan semakin memprihatinkan.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar