Manfaat Sinar Matahari Bagi Penguatan Tulang

Penulis: Eka Azwin Lubis

Manfaat Sinar Matahari Bagi Penguatan Tulang

Sisikan waktu Anda untuk berjemur di bawah sinar matahari untuk menghindari osteoporosis. (Daily Mail)

Kamis, 22 Januari 2015 | 15:42

Analisadaily - Seorang ahli kesehatan Inggris, menganjurkan kepada setiap manusia untuk berjemur di bawah sinar matahari, cukup dengan waktu yang singkat namun rutin selama enam bulan berturut-turut untuk mendapatkan suplai Vitamin D.

BACA JUGA : Penyakit Aneh 'Deja Vu' Mendera Seorang Pemuda

Sejatinya, Vitamin D sangat penting untuk melindungi tulang manusia dari proses pengeroposan. Namun satu dari enam orang dewasa di dunia, mengalami kekurangan Vitamin D yang mengakibatkan mereka terserang Osteoporosis.

Profesor Gillian Leng, tidak menentukan berapa lama waktu yang diperlukan bagi kita untuk berjemur di bawah sinar matahari. Namun beliau merekomendasikan untuk melakukan kegiatan positif ini selama 13 menit, antara pukul 11.00-15.00.

Prof. Gillian, yang merupakan Direktur Perawatan Kesehatan di Lembaga Sosial Nice Inggris, menghimbau meskipun sinar ultraviolet matahari yang terlalu lama dirasakan oleh manusia dapat meningkatkan resiko kanker kulit, namun jika kita merasakan panasnya sinar matahari dengan waktu yang relatif singkat, dapat menambah vitamin D dalam tubuh kita yang berfungsi untuk penguatan terhadap tulang.

"Keseimbangan merasakan sinar matahari sangat perlu diketahui, antara lain tergantung pada lokasi geografis, kondisi cuaca, warna kulit alami dan waktu yang dihabiskan di bawah sinar matahari," terang Prof Gillian.

Dikutip dari Daily Mail, pendapat Prof Gillian ini diamini oleh Sarah Williams, seorang petugas senior yang memberikan informasi kesehatan di Cancer Research, Inggris. Sarah mengatakan bahwa sangat penting menikmati sinar matahari dengan konsep yang aman, sebab kita dapat meningkatkan suplai Vitamin D, namun tidak terkena risiko kanker kulit. (Eka)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar