Manfaat Minum Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Penulis: Nancy Simangunsong | Editor: Lely Novita

Manfaat Minum Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Minyak Zaitun (Pop Sugar)

Sabtu, 19 Desember 2015 | 14:12

Analisadaily - Mencampurkan minyak zaitun pada makanan mungkin sudah biasa Anda lakukan. Tapi, pernahkan Anda mencoba meminum minyak zaitun secara langsung?

Ternyata, minum minyak zaitun memberikan banyak manfaat kesehatan karena kaya akan antioksidan dan sangat baik untuk pencernaan. Minyak zaitun juga dapat mengusir lemak perut.

Berikut ulasan mengapa Anda harus memulai dan mengakhiri hari Anda dengan satu sendok makan minyak zaitun setiap hati, sebagaimana dilansir dari Pop Sugar, Sabtu (19/12):

Membantu melawan kanker payudara

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam JAMA Internal Medicine menunjukkan wanita yang menjalani diet Mediterania yang dilengkapi dengan minyak zaitun ­extra-virgin relatif lebih rendah terkena risiko kanker payudara, dibandingkan wanita yang menjalankan diet Mediterania dengan tambahan kacang campuran atau diet rendah lemak.

Selain melindungi Anda dari kanker payudara, diet Mediterania dengan minyak zaitun juga dapat memperlambat proses penuaan dan mengurangi risiko stroke.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Minyak zaitun juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. FDA merekomendasikan untuk mengkonsumsi hanya sekitar dua sendok makan minyak zaitun per hari untuk melindungi jantung. Dengan catatan, minyak zaitun harus mengganti lemak jenuh dalam diet Anda daripada menambah asupan kalori.

Mendorong penurunan berat badan

Lemak baik yang sama dalam melindungi jantung dari penyakit juga dapat membantu proses penurunan berat badan. Minyak zaitun tidak hanya membuat Anda kenyang, tetapi juga menargetkan lemak perut untuk dihilangkan.

Membantu pencernaan

Meski tidak banyak penelitian yang berhasil membuktikan khasiat ini, minyak zaitun secara luas (dan berhasil) digunakan sebagai obat homeopati untuk membantu sistem pencernaan dan mengurangi gejala konstipasi. Bertindak sebagai pelumas, minyak zaitun membantu proses pergerakan sisa-sisa makanan di usus besar menjadi lancar dan lebih baik.

Tags :

#MinyakZaitun

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar