Manfaat Mengkonsumsi Buah Plum Bagi Kesehatan

Penulis: Reza Perdana

Manfaat Mengkonsumsi Buah Plum Bagi Kesehatan

Buah plum kering (Boldsky)

Kamis, 9 Mei 2019 | 13:28

Analisadaily - Plum memiliki banyak nutrisi dan kaya antioksidan. Buah ini adalah sumber serat dan nutrisi terkonsentrasi. Jus plum, yang diekstrak, juga memiliki manfaat kesehatan yang sama. Plum mengandung gula yang tinggi, memungkinkannya dikeringkan tanpa fermentasi.

Dilansir dari Boldsky, Kamis (9/5), berikut sejumlah manfaat mengkonsumsi plum.

1. Mencegah penyakit kardiovaskular

Prune mengandung phytonutrisi dalam jumlah tinggi yang disebut fenol yang menghambat oksidasi kolesterol LDL dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dan serat yang ada dalam plum dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

2. Membantu menurunkan berat badan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Liverpool, makan plum sebagai bagian dari diet penurunan berat badan dapat meningkatkan penurunan berat badan. Para peneliti menemukan, partisipan yang makan plum sebagai bagian dari diet sehat kehilangan 2 Kg berat badan dan melepaskan 2,5 Cm dari pinggang mereka.

3. Mengurangi tekanan darah

Para ilmuwan menyarankan bahwa mengonsumsi plum dan meminum jus plum dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa partisipan yang makan plum setiap hari memiliki penurunan tekanan darah.

4. Meringankan sembelit

Plum kaya akan serat, yang membantu mencegah wasir yang disebabkan oleh sembelit kronis. Plum dan jus plum berfungsi sebagai pencahar karena kandungan sorbitol yang tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan, delapan buah plum kering, ketika dengan 300 Ml air sehari selama 4 minggu, meningkatkan fungsi usus.

5. Turunkan risiko kanker usus besar

Penelitian menunjukkan, memasukkan buah plum ke dalam makanan Anda dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Makan plum dapat secara positif mempengaruhi dan meningkatkan mikrobiota di usus besar, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Texas A&M University dan University of North Carolina.

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Mineral boron banyak terdapat pada buah plum kering membantu membangun tulang yang kuat dan meningkatkan koordinasi otot. Menurut sebuah penelitian, plum kering dan bubuk plum kering dapat menurunkan efek radiasi pada sumsum tulang, mencegah hilangnya kepadatan tulang. Plum juga memiliki kemampuan untuk mencegah osteoporosis.

7. Cegah dan obati anemia

Plum adalah sumber zat besi yang baik, yang penting untuk mencegah dan mengobati anemia defisiensi besi. Anemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat.

8. Meningkatkan penglihatan

Plum kaya akan vitamin A, vitamin yang penting untuk penglihatan yang jernih. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan malam, degenerasi makula, katarak, dan mata kering.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar