Manfaat Konsumsi Buah dan Sayuran Hijau

Penulis: Reza Perdana

Manfaat Konsumsi Buah dan Sayuran Hijau

(Boldsky)

Rabu, 12 September 2018 | 14:05

Analisadaily - Makan sayuran hijau dikatakan baik untuk kesehatan. Buah-buahan dan sayuran hijau mendapatkan warna dari pigmen yang bernama klorofil, yang memiliki kemampuan kuat untuk meregenerasi tubuh pada tingkat molekuler dan seluler, dan dikenal untuk membersihkan tubuh.

Dilansir dari Boldsky, Rabu (12/9), penelitian menunjukkan bahwa makanan hijau adalah sumber fitonutrien, serat, dan air yang baik, yang dapat merevitalisasi kesehatan. Ada banyak buah dan sayuran hijau.

Mengapa Anda Harus Makan Buah dan Sayuran Lebih Hijau? Berikut manfaatnya:

1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Kolesterol yang menumpuk di dinding arteri dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Untuk menjaga kadar kolesterol, tingkatkan konsumsi makanan hijau seperti alpukat, zaitun, kacang hijau, anggur, dan lain-lain, karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan serat yang membantu menurunkan kolesterol.

2. Mencegah Kanker

Banyak penelitian mencatat, diet kaya sayuran dan buah-buahan hijau dapat membantu menangkal kanker, karena mengandung fitonutrien seperti antioksidan, karotenoid, dan flavonoid, yang membantu dalam memerangi kanker perut, kanker usus besar, kanker kulit dan kanker payudara. Fitonutrien ini ditemukan dalam alpukat, zaitun, apel hijau, bayam, kale, dan lainnya.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau membantu menjaga kesehatan mata. Bayam, kale, buah kiwi, anggur, dan zucchini, mengandung karotenoid esensial yang disebut lutein dan zeaxanthin. Senyawa ini bertindak sebagai perisai pelindung untuk makula dan mencegah kerusakan dari cahaya biru. Ini juga mencegah katarak.

4. Baik Bagi Kesehatan Pencernaan

Tubuh Anda membantu memecah makanan menjadi nutrisi melalui pencernaan yang mengarah pada pembangkitan energi, pertumbuhan dan perbaikan sel. Untuk memastikan fungsi sistem pencernaan lebih baik, konsumsilah makanan berserat tinggi seperti artichoke, apel, brokoli, kacang hijau, kacang polong dan lobak hijau. Serat menyerap air tambahan di usus, mempromosikan bakteri usus yang sehat dan memudahkan gerakan usus.

5. Meningkatkan Metabolisme

Dorongan dalam metabolisme akan membantu menurunkan berat badan. Cabai hijau, alpukat, bayam adalah beberapa makanan hijau yang meningkatkan aktivitas metabolisme. Nutrisi yang paling penting untuk fungsi metabolisme adalah vitamin B.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar