Manfaat Konsumsi Asparagus Bagi Kesehatan (Part 1)

Penulis: Reza Perdana

Manfaat Konsumsi Asparagus Bagi Kesehatan (Part 1)

Asparagus (Boldsky)

Minggu, 3 Juni 2018 | 17:31

Analisadaily - Asparagus adalah makanan padat nutrisi yang kaya akan vitamin dan mineral penting seperti asam folat. Tidak hanya itu, asparagus juga merupakan sumber potasium, serat, vitamin B6, vitamin C, vitamin A, dan tiamin.

Asparagus memberi banyak manfaat kesehatan yang akan membuat Anda takjub. Asparagus memiliki kemampuan untuk mengurangi efek radikal bebas, karena sifat antioksidan dan anti-peradangannya.

Berikut manfaat konsumsi asparagus bagi kesehatan, seperti dilansir dari Boldsky, Minggu (3/6):

1. Sumber Vitamin yang Baik

Asparagus dipanen dan dimakan pada awal musim panas. Asparagus kaya vitamin K. Empat potong asparagus yang dimasak mengandung 29 hingga 48 mikrogram vitamin K, tergantung pada jenisnya, segar, beku, atau kalengan.

Studi telah menemukan bahwa vitamin K tidak hanya dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang, tetapi juga dapat mengurangi tingkat patah tulang. Ini mendukung kesehatan jantung dan membantu mencegah pengerasan arteri.

2. Sifat Anti-inflamasi dan Antioksidan

Sifat anti-inflamasi dan antioksidan di asparagus membantu mengurangi masalah kesehatan kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker. Antioksidan yang disebut glutathione diketahui memperlambat proses penuaan dan memecah radikal bebas.

Konsumsi asparagus juga dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.

3. Bertindak Sebagai Diuretik Alami

Salah satu manfaat kesehatan dari asparagus adalah bertindak sebagai diuretik alami. Ini berarti asparagus mendorong produksi air seni dan ini meningkatkan ekskresi air dari tubuh. Ini juga membantu bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau penyakit terkait jantung lainnya, dan dapat mengobati infeksi saluran kemih juga.

4. Memelihara Saluran Pencernaan

Asparagus mengandung sejumlah besar nutrisi inulin, yang tidak merusak saluran pencernaan Anda. Sebaliknya, lolos tanpa dicerna ke usus besar, di mana menjadi sumber makanan untuk bakteri baik.

Bakteri baik bertanggung jawab untuk penyerapan nutrisi yang lebih baik, risiko kanker usus yang lebih rendah, dan risiko alergi yang lebih rendah.

5. Mengurangi PMS

Asparagus dapat digunakan secara efektif untuk mengurangi kembung pra-menstruasi. Kehadiran nutrisi penting dalam asparagus membantu memerangi depresi dan kelelahan, serta mengurangi kram menstruasi.

Asparagus juga membantu mengendalikan kehilangan darah dan menjaga keseimbangan hormonal selama menstruasi.

Nah, apakah Anda tahu tentang manfaat kesehatan asparagus ini?

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar