Manfaat Kesehatan Konsumsi Daging Kepiting (Part II)

Penulis: Reza Perdana

Manfaat Kesehatan Konsumsi Daging Kepiting (Part II)

Ilustrasi (Pixabay)

Senin, 10 September 2018 | 11:06

Analisadaily - Selain enak dan nikmat, ternyata mengonsumsi daging kepiting memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti membantu menurunkan berat badan, membantu memperbaiki penglihatan, hingga mencegah kerusakan sel.

Dilansir dari Boldsky, Senin (10/9), ternyata ada banyak manfaat lainnya lagi dari mengonsumsi daging kepiting, yaitu:

1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Daging kepiting diperkaya dengan protein, seng dan asam lemak omega 3 yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kognisi dan konsentrasi. Ini juga membantu memperkuat myelin, substansi lemak kaya lipid yang terbentuk di sistem saraf pusat, dan melindungi sistem saraf, sementara juga mengurangi plak dan peradangan pada jalur saraf.

2. Menjaga Kulit, Mata dan Sistem Saraf

Riboflavin, juga dikenal sebagai vitamin B2, diperlukan untuk menghasilkan molekul lemak (steroid), sel darah merah dan untuk menjaga kulit, mata dan sistem saraf. Riboflavin membantu dalam menyerap zat besi di saluran pencernaan dan memecah protein, lemak dan karbohidrat untuk memasok energi ke tubuh.

3. Membantu Dalam Pemulihan Luka Lebih Cepat

Luka dan cedera membutuhkan banyak waktu untuk menyembuhkan dan makanan memainkan peran penting dalam mempercepat proses pemulihan. Kepiting dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat karena mengandung seng, vitamin B12 dan vitamin C yang ketika dikonsumsi membantu menghasilkan eritrosit yang akan membantu dalam membangun jaringan baru.

4. Mencegah Kanker Prostat

Kepiting memiliki sejumlah besar selenium yang menghilangkan efek karsinogenik dari kadmium, arsenik, perak dan merkuri. Ini dapat membantu mempercepat penghapusan sel kanker dan memperlambat pertumbuhan tumor.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Cancer Research menemukan bahwa makanan yang mengandung asam lemak omega 3 tinggi seperti daging kepiting dapat mencegah penyebaran kanker prostat ke bagian tubuh yang lain.

5. Menstabilkan Tingkat Insulin

Kepiting kaya akan kromium yang dikatakan dapat menurunkan gula darah, kadar insulin dan menstabilkan tingkat insulin pada diabetes tipe 2. Jadi, jika Anda penderita diabetes, Anda dapat memiliki daging kepiting tanpa khawatir banyak tentang efeknya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar