Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Penulis: Reza Perdana

Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Jeruk (Boldsky)

Sabtu, 25 Mei 2019 | 14:38

Analisadaily - Secara ilmiah disebut sebagai Citrus x sinensis, jeruk adalah salah satu buah paling populer di dunia. Banyak yang tidak menyadari jeruk sebenarnya merupakan persilangan antara buah pomelo dan mandarin.

Gudang nutrisi dan berbagai senyawa bermanfaat lainnya, jeruk dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam berbagai cara.

Jenis jeruk yang paling populer adalah jeruk darah, jeruk pusar, jeruk asam, dan jeruk biasa. Rendah kalori dan dikemas dengan nutrisi, buah-buahan ini dapat meningkatkan kesehatan keseluruhan seseorang.

Popularitas jeruk yang luas dapat dikaitkan dengan kemanisan dan keserbagunaan alami, menjadikannya bahan untuk jus, selai, acar, irisan jeruk manisan dan bahkan kosmetik.

Sebagai sumber serat, vitamin C, tiamin, folat, dan antioksidan yang sehat, buah-buahan ini harus dimasukkan ke dalam makanan sehari-hari Anda.

Berikut manfaat jeruk yang jarang diketahui, dilansir dari Boldsky, Sabtu (25/5):

1. Meringankan sembelit

Sumber serat yang sangat baik baik larut dan tidak larut, jeruk baik untuk menjaga usus Anda bergerak. Serat di dalamnya akan menambah kotoran Anda, sehingga mencegah sindrom iritasi usus. Khasiatnya juga merangsang produksi pencernaan, meningkatkan pencernaan.

2. Mengatur tekanan darah tinggi

Jeruk adalah sumber magnesium yang kaya, yang akan membantu mengatur tekanan darah. Flavonoid yang disebut hesperidin, yang secara alami ada dalam jeruk juga membuat tekanan darah kita terkendali.

3. Mencegah kanker

Buah jeruk ini adalah sumber utama vitamin C, yang merupakan agen anti-oksidan dan penambah kekebalan yang kuat. Juga, senyawa yang disebut limonene, banyak ditemukan dalam jeruk, telah diketahui memiliki sifat penghambat kanker.

Senyawa ini berfungsi di mana sistem kekebalan tubuh kita gagal. Ini mendeteksi sel-sel kanker dan menghancurkannya, mencegah timbulnya kanker.

4. Lindungi sistem kardiovaskular

Anti-oksidan yang ada dalam jeruk melawan kerusakan akibat radikal bebas dan membantu mencegah oksidasi kolesterol. Kolesterol teroksidasi cenderung menempel di bagian dalam arteri dan membatasi suplai darah ke jantung, memicu serangan jantung.

Anti-oksidan membantu menetralkan efek radikal bebas ini dan melindungi jantung dari penyakit. Konsumsi jeruk secara teratur dapat membantu melindungi tubuh Anda dari penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dikemas dengan vitamin C, jeruk dikenal karena kemampuannya meningkatkan kekebalan. Dengan sistem kekebalan yang kuat dan stabil, tubuh kita mampu melawan infeksi dengan lebih baik dan mencegah penyakit.

Juga, polifenol yang ada di dalamnya adalah anti-virus, membunuh virus memasuki tubuh kita sebelum mereka dapat menyebabkan infeksi.

6. Membersihkan darah

Jeruk adalah pembersih alami. Flavonoid hadir dalam buah-buahan memulai aktivitas enzim dalam tubuh dan membantu hati mengeluarkan racun. Serat makanan di dalamnya membuat usus bergerak, dengan demikian menghilangkan limbah dan zat yang tidak diinginkan keluar dari tubuh. Properti detoksifikasi jeruk membantu membersihkan darah Anda.

7. Tingkatkan kesehatan tulang

Jeruk memiliki jumlah vitamin D yang baik, yang memastikan penyerapan kalsium yang tepat dan membantu mencapai tulang. Jeruk juga mengandung asam askorbat, yang membantu penyerapan kalsium yang lebih baik.

8. Meningkatkan kesehatan mulut

Jeruk sangat baik dalam kesehatan gusi. Mereka memperkuat pembuluh darah dan jaringan ikat. Mereka juga mencegah perkembangan plak dan melapisi gigi dalam lapisan pelindung, mencegah korosi.

Vitamin C dalam jeruk mengurangi peradangan dan juga menjaga nafas tetap segar lebih lama dengan membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut dan membantu menjaga lidah yang terlapisi putih.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar