Manfaat dari 'Si Minyak Ajaib'

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Lely Novita

Manfaat dari 'Si Minyak Ajaib'

Minyak zaitun atau Olive oil (Berbagai Sumber)

Rabu, 25 Februari 2015 | 19:55

Analisadaily – Minyak zaitun atau yang sering disebut olive oil merupakan minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari basin Mediterania. Tidak hanya dijadikan sebagai bahan bumbu masakan semata, 'minyak ajaib' ini juga sering digunakan sebagai bahan kosmetik dan sabun serta dapat digunakan sebagai obat herbal.

Dilansir dari laman Reader's Digest, berikut beberapa manfaat dari minyak zaitun :

1. Baik untuk jantung Anda

Selain diyakini mampu meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein), minyak zaitun juga mengandung fitokimia dan vitamin E yang bisa membantu membersihkan kolesterol dari arteri. Oleh karena itu, minyak zaitun membantu mengurangi peradangan yang memberikan kontribusi yang baik untuk arthritis, penyakit jantung dan banyak masalah kesehatan lainnya.

BACA JUGA : Gunakan Minyak Zaitun Untuk Samarkan Kantung Mata

2. Awet atau tahan lama

Minyak zaitun mampu bertahan selama bertahun-tahun jika disimpan dengan benar. Untuk menjaga rasanya agar tetap sama selama disimpan, disarankan minyak zaitun diletakkan di tempat yang gelap dan dingin. Apabila minyak sudah berubah gelap, zat gizi yang terkandung di dalamnya mungkin sudah berubah dan segera dibuang.

3. Membantu menurunkan berat badan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak zaitun akan memperlambat kontraksi pada perut, sehingga bisa membantu perut Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Membersihkan kulit

Banyak bahan kosmetik dan sabun saat ini menggunakan tambahan 'minyak ajaib' ini. Karena minyak zaitun dapat membebaskan kulit Anda dari noda. Jika ingin membersihkan jerawat, campurkan 3 sendok makan minyak zaitun dengan 4 sendok makan garam. Oleskan pada target sasaran dan diamkan sejenak selama 1-2 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan cuci wajah Anda dengan sabun.

Lakukan langkah ini setiap hari selama satu minggu penuh, kemudian dilanjutkan 2-3 kali di seminggu berikutnya. Anda akan melihat peningkatan yang nyata di wajah Anda.

5. Meningkatkan sistem imun

Minyak zaitun bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuh serta dapat membantu tubuh untuk menyerap senyawa kimia dalam makanan. Seperti senyawa lycopene, antioksidan yang larut dalam lemak tomat, ini sangat baik apabila diserap oleh lemak sehat (HDL) yang terdapat dalam minyak zaitun.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar