Manfaat Bersepeda Dalam Kehidupan

Penulis: Reza Perdana

Manfaat Bersepeda Dalam Kehidupan

Ilustrasi bersepeda (Berbagai Sumber)

Kamis, 12 November 2015 | 08:15

Analisadaily - Bagi sebagian orang, bersepeda saat ini hanya dijadikan sebagai hobi ataupun kegiatan yang tidak terlalu penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu dikarenakan banyaknya alat transportasi bermesin yang semakin mudah digunakan.

Padahal, dengan menggunakan sepeda dalam kehidupan sehari-hari dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, sehingga membuat kita lebih terlihat sehat dan bugar. Tidak hanya itu, jika banyak dari kita menggunakan sepeda sebagai alat transportasi, bisa saja kemacetan yang terjadi saat ini akan semakin berkurang.

Dilansir dari Discovery.com, Kamis (12/11) berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika rutin bersepeda dalam setiap harinya:

1. Bersepeda baik untuk jantung Anda

Bersepeda sangat terkait dengan peningkatan kebugaran kardiovaskular. Jika Anda rutin bersepeda dalam menjalani aktivitas sehari-hari, secara tidak langsung Anda akan menurunkan risiko penyakit jantung koroner di dalam tubuh.

Ilustrasi (Berbagai Sumber)

Ilustrasi (Berbagai Sumber)

2. Meningkatkan suasana hati/mood

Kecemasan, stres, dan depresi semua bisa diatasi dengan bersepeda, karena aktivitas bersepeda itu sendiri adalah kesenangan dan kepuasan.

Bersepeda baik untuk kesehatan mental Anda seperti halnya bentuk-bentuk aktifitas latihan yang lain seperti aerobik. Hal ini mungkin disebabkan karena pelepasan endorfin (senyawa kimia otak yang menimbulkan perasaan senang).

3. Bagus untuk meningkatkan stamina Anda

Bersepeda adalah jenis olahraga low impact. Bersepeda merupakan cara terbaik untuk meningkatkan stamina, karena Anda bisa mengayuh lebih lama lagi daripada melakukan aerobik atau berjalan kaki, yang membuat Anda lebih cepat lelah.

Bersepeda juga akan memperkuat jantung dan paru-paru, yang memungkinkan Anda bekerja lebih efisien, sehingga Anda akan merasa lebih mudah melakukannya hingga akhir.

Ilustrasi (Berbagai Sumber)

Ilustrasi (Berbagai Sumber)

4. Bersepeda baik untuk umur Anda

Bersepeda adalah salah satu cara yang bagus untuk meningkatkan umur Anda, bersepeda secara teratur telah dikaitkan dengan peningkatan usia, bahkan ketika disesuaikan dengan risiko cedera melalui bersepeda.

5. Bersepeda baik untuk keseimbangan Anda

Dengan gerakan mendayung serta memegang stang saat bersepeda, secara tidak langsung Anda telah membentuk keseimbangan dalam tubuh. Hal ini merupakan salah satu keterampilan yang tidak dimiliki semua orang.

Ilustrasi (berbagai Sumber)

Ilustrasi (Berbagai Sumber)

6. Bersepeda mampu meningkatkan kekebalan tubuh Anda

Beberapa studi menunjukkan bahwa aktivitas tingkat moderat, seperti bersepeda, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat tubuh lebih kebal terhadap penyakit termasuk batuk dan pilek.

Lebih baik lagi, jika hari-hari ketempat kerja Anda dilalui dengan bersepeda daripada naik angkutan umum, tentunya hal itu akan semakin membantu Anda dalam menjaga daya tahan tubuh.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar