Makanan yang Membuat Sering 'Pipis'

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Eka Azwin Lubis

Makanan yang Membuat Sering 'Pipis'

Ilustrasi (Berbagai Sumber)

Minggu, 29 November 2015 | 17:03

Analisadaily - Rutinitas membuang air kecil merupakan kondisi yang normal dalam hidup manusia. Namun jika Anda merasakan terlalu sering ke toilet untuk 'pipis', bisa jadi ada kebiasaan yang harus diperbaiki dalam hidup Anda.

Kurang tidur dapat membuat frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering.

Meski masalah keseringan buang air kecil tidak begitu serius, namun tidak ada salahnya kita berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan solusi.

Umumnya penyebab keseringan buang air kecil selain sering meminum air, bisa juga dari pola makan sehari-hari. Sangat disarankan agar menjaga asupan makanan demi menekan frekuensi buang air kecil.

Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang dapat membuat Anda sering ke toilet untuk buang air kecil seperti dikutip dari Boldsky, Minggu (29/11):

1. Kopi dan Alkohol

Kandungan kafein dalam kopi dapat membuat Anda sering ke toilet untuk membuang air kecil. Kandungan kafein itu sangat mempengaruhi hormon anti-diuretik yang membuat Anda sering buang air kecil.

Selain itu, alkhol juga merupakan minuman yang berpotensi membuat manusia jadi sering punya hasrat ingin pipis.

2. Minuman soda

Minuman bersoda merupakan salah satu minuman yang dapat menimbulkan kebiasaan buang air kecil secara berlebihan.

Hal itu dikarenakan minuman ringan bersoda dapat mengiritasi kandung kemih sehingga Anda merasa selalu ingin buang air kecil.

3. Konsumsi Garam

Terlalu banyak mengkonsumsi garam pada makanan sehari-hari dapat membuat Anda mudah dehidrasi sehingga sering meminum air dan secara otomatis membuat Anda kerap buang air kecil.

4. Cokelat

Beberapa senyawa dalam cokelat cenderung mengiritasi kandung kemih. Hal itu dikarenakan cokelat dapat mempengaruhi penyerapan air di ginjal sehingga menyebabkan kebiasaan ingin buang air kecil.

5. Tomat

Makanan asam seperti tomat juga mengiritasi kandung kemih sehingga membuat Anda merasakan dorongan untuk sering buang air kecil.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar