Makanan yang Harus Dihindari Penderita Radang Usus

Penulis: Reza Perdana

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Radang Usus

Ilustrasi (Boldsky)

Senin, 20 Februari 2017 | 18:02

Analisadaily - Bagi Anda penderita penyakit radang usus, banyak pantangan dan larangan yang Anda konsumsi. Tentunya, akan banyak keterbatasan dalam hal memilih makanan.

Dalam beberapa kasus, penderita penyakit radang usus sering kekurangan nutrisi. Namun juga tidak harus sembarangan dalam memilih makanan sebagai asupan gizi.

Dilansir dari Boldsky, Senin (20/2), ada beberapa makanan yang harus Anda hindari jika tidak ingin menjadi parah, berikut ulasannya:

1. Makanan Mengandung Produk Susu

Intoleransi laktosa cukup umum dalam kasus penyakit radang usus. Oleh karena itu, Anda harus mencoba untuk menghindari produk susu. Anda disarankan mengonsumsi sayuran berdaun hijau dan sereal untuk mengatasi defisit kalsium dan protein yang ditemukan dalam produk susu.

2. Makanan Pedas

Makanan pedas kadang-kadang bisa memicu rasa sakit. Anda perlu menemukan jenis rempah-rempah yang mungkin tidak cocok untuk Anda. Jika Anda menemukan ramuan pedas tertentu tidak baik untuk Anda, menggantikan mereka dengan bumbu ringan atau rasa. Ini adalah salah satu jenis makanan yang perlu Anda hindari dengan penyakit radang usus.

3. Gorengan atau Makanan Berminyak

Lemak di ayam goreng, kentang goreng dan saus tidak sepenuhnya diserap dalam usus. Hal ini meningkatkan beberapa gejala utama seperti kram atau mencret. Anda harus menghindari makanan yang digoreng atau berminyak.

4. Membatasi Asupan Kacang dan Biji

Kacang dalam bentuk mentah sulit untuk dicerna. Makanan jenis ini membuat sulit bagi orang yang menderita penyakit radang usus untuk mencernanya. Hal ini mungkin juga menyebabkan diare dan memicu penyakit lainnya.

5. Hindari Popcorn

Popcorn adalah gandum dan bisa sulit bagi tubuh untuk memecahnya jika Anda memiliki penyakit radang usus. Anda dapat mengontrol hasrat Anda dengan mengambil segenggam pretzel sebagai gantinya.

6. Buah dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran dalam bentuk mentah penuh dengan serat dan juga memproduksi gas dalam tubuh. Termasuk makanan yang dimasak dan dikupas, konsumsi makanan ini dianjurkan.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar