Makanan Penyebab Rambut Rontok

Penulis: Christison Sondang Pane | Editor: Triansari Prahara

Makanan Penyebab Rambut Rontok

Ilustrasi (Boldsky)

Senin, 3 Agustus 2015 | 17:31

Analisadaily – Rambut adalah salah satu aset pribadi seseorang yang paling berharga. Keseringan mengalami rambut rontok tentu akan sangat mempengaruhi penampilan seseorang. Oleh karena itu, setiap orang selalu berupaya menghindari hal tersebut pada rambutnya.

Penyebab rambut rontok sangat bermacam-macam seperti, stres, penggunaan minyak rambut yang berbahan kimia secara berlebihan, dan ketidakseimbangan hormon. Disamping itu, ada faktor lain membuat rambut rontok yaitu makanan. Makanan yang dapat menyebabkan rambut rontok diantaranya sebagai berikut, dilansir dari Boldsky:

1. Gorengan

 

Asupan makanan berlemak dan gorengan yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan rambut rontok. Oleh karena itu, disarankan menghindari makanan itu. Makanan berlemak mengandung asam lemak jenuh dan lemak trans yang dapat membuat hormon tidak seimbang.

2. Kafein

Kafein yang terkandung dalam makanan seperti kopi ternyata juga bisa menyebabkan rambut rontok. Hal ini disebabkan oleh efek mengkonsumsi kafein yang menyebabkan Anda menjadi sulit tidur—dimana kekurangan waktu tidur bisa menyebabkan kerontokan rambut.

3. Vitamin A (Berlebihan)

Asupan makanan vitamin A yang terlalu berlebihan dapat memicu kerontokan rambut. Para ahli juga menyarankan agar mengkonsumsi vitamin A tidak lebih dari 5.000 Unit Internasional (IU) per hari.

4. Makanan Bebas Gula

Makanan yang terbuat dari bahan bebas gula biasanya mengandung bahan kimia yang dikenal Aspartame, yang mana bahan ini juga bisa menyebabkan kerontokan rambut.

5. Makanan Instan

Makanan seperti ini biasanya sarat dengan bahan pengawet, pewarna buatan, dan perisa yang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti halnya juga rambut rontok. Salah satu bahan yang menyebabkan hal itu adalah ektrak chocineal dan pewarna carmine yang diekstrak dari bug kering.

6. Makanan Olahan

Makanan olahan yang melalui proses pembuatan dengan cara digiling dan dihaluskan seperti kue dan roti yang terbuat dari tepung bisa juga menyebabkan rambut rontok. Hal ini disebabkan pengaruh makanan yang bisa meningkatkan kadar gula darah, dimana hal ini bisa memicu stres. Tentunya Anda paham bahwa stres dan makanan tidka bernutrisi adalah satu satu pemicu rambut rontok.

7. Makanan Tidak Hieginis

 

Ilustrasi (Bold Sky)

Ilustrasi (Bold Sky)


Makanan yang tidak bersih dan hieginis biasanya mengandung bakteri jahat yang dapat menyebabkan sakit tipus—yang gejalanya ditandai dengan rambut rontok—dan penyakit menular. Sebaiknya, Anda mulai memperhatikan jajanan pasar yang layak konsumsi mulai saat ini untuk melindungi diri Anda dari berbagai macam penyakit dan tentunya rambut rontok.
 

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar