Makanan Organik Justru Merusak Iklim

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Makanan Organik Justru Merusak Iklim

Ilustrasi (Fox News)

Rabu, 15 Maret 2017 | 10:32

Analisadaily - Makanan organik sejauh diyakini mampu memberikan dampak baik pada kesehatan. Hal itu memang benar, tapi tidak secara keseluruhan memberikan dampak baik.

Penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Science Advance, melaporkan, meskipun tumbuhan organik memiliki manfaat ecofriendly karena menggunakan pestisida lebih sedikit, tapi makanan yang ditanam menggunakan lebih banyak tanah, yang berbahaya bagi planet ini.

Para peneliti di University of British Columbia menganalisis tanaman pangan organik di 17 kriteria. Mereka meneliti dampak perubahan iklim, mata pencaharian petani dan kesehatan konsumen dengan melihat literatur ilmiah.

Satu sisi, manfaat kesehatan lebih banyak karena mengandung sedikit pestisida. Setidaknya, seperti yang dilansir dari Fox News, Rabu (15/3), pestisida lebih sedikit, 19 sampai 25 persen lebih rendah daripada pertanian konvensional.

"Sementara itu, pertanian organik mungkin lebih baik untuk menanam keanekaragaman hayati karena petani akan membutuhkan lebih banyak tanah untuk menumbuhkan jumlah makanan yang sama. Konversi lahan untuk pertanian merupakan kontributor utama hilangnya habitat dan perubahan iklim,” kata Verena Seufert, wakil peneliti.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar