Makanan Nabati Perkecil Risiko Serangan Jantung

Penulis: Christison Sondang Pane

Makanan Nabati Perkecil Risiko Serangan Jantung

Makanan nabati (Boldsky)
 

Selasa, 17 September 2019 | 11:47

Analisadaily - Hasil penelitian yang diterbitkan di Journal of American Heart Association (JAHA) menyebutkan, orang yang memasukkan makanan nabati ke dalam makanannya, lebih kecil terserang penyakit kardiovaskular dibanding dengan yang sering mengonsumsi daging hewani dan karbohidrat olahan.

Para peneliti mengamati 12.168 orang paruh baya selama lebih dari tiga dekade bersama dengan kebiasaan makan mereka. Selama penelitian, sekitar 5.436 dari mereka meninggal, dari jumlah itu, 1.565 meninggal karena penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Menurut penelitian, ditemukan asupan produk hewani dan karbohidrat olahan yang tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 31 persen – 32 persen dan 18persen – 25 persen dalam kasus penyakit lain.

Juga, orang yang vegetarian, tetapi tidak mengonsumsi makanan nabati, 16 persen lebih mungkin terkena penyakit jantung daripada peserta yang sebagian besar mengonsumsi makanan nabati.

"Diet nabati tampaknya semakin populer, dan penelitian kami memberi lebih banyak bukti yang menunjukkan, mengonsumsi makanan nabati baik untuk kesehatan jantung,” Casey Rebholz, anggota tim senior studi ini.

“Orang harus memastikan, mereka mengonsumsi cukup buah, sayuran, dan biji-bijian utuh, dan membatasi asupan daging merah dan olahan mereka,” sambung Rebholz yang juga peneliti di Sekolah Kesehatan Publik Johns Hopkins Bloomberg di Baltimore, ini dilansir dari Boldsky, Selasa (17/9).

Peneliti melihat 4 jenis diet untuk jumlah dan jenis konten tanaman. Kategori-kategori tersebut, di antaranya pola makan nabati secara keseluruhan, sayuran hijau yang sehat, pola makan vegetarian secara keseluruhan, dan makanan nabati yang tidak sehat seperti kentang.

Orang yang mengikuti salah satu dari tiga pola makan nabati yang sehat memiliki kurang dari satu porsi daging olahan sehari. Orang dengan pola makan nabati yang tidak sehat mengkonsumsi 1.2 porsi daging olahan sehari.

Ditemukan, makan lebih banyak makanan nabati yang sehat dan lebih sedikit makanan hewani dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Juga, dalam kasus orang yang mengonsumsi makanan nabati yang tidak sehat, hasilnya juga tidak baik.

Namun, penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan karena para peserta harus mengingat dan melaporkan apa yang mereka miliki pada hari-hari sebelumnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar